Superstar Masa Depan, Siapa Jagoan Messi?

Erling Haaland melakukan selebrasi usai mencetak gol / Borussia Dortmund

FAJAR.CO.ID, LONDON—Bakat-bakat muda lapangan hijau bermunculan dalam tiga musim terakhir. Mereka adalah bintang baru yang akan menjadi calon superstar di masa depan. Siapa saja mereka?

KYLIAN Mbappe berada di posisi puncak daftar kandidat pemain besar ini. Sepak terjang yang ia perlihatkan sejak masih di AS Monaco menempatkan pemain PSG berusia 21 tahun itu kini menjadi pemain paling berharga di dunia.

Di usianya yang masih sangat belia, harga pasarnya sudah jauh melampaui Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo. Versi transfermarkt, pemain timnas Prancis itu saat ini berharga 200 juta euro atau sekitar Rp3,4 triliun.

Nama berikutnya yang sukses menyihir pencinta bola dunia adalah penyerang sayap Borussia Dortmund, Jadon Sancho. Meski baru berusia 19 tahun, pemain Inggris itu tampil begitu luar biasa dengan gol dan assist-nya. Ia pun kini menjadi properti panas dengan harga 130 juta euro atau sekitar Rp2,2 triliun.

Penyerang Dortmund lainnya, Erlang Haaland tak kalah mengejutkan. Dengan usia yang juga baru 19 tahun, ia menjelma menjadi predator kotak penalti. Kehebatan Haaland pertama kali terlihat awal musim ini bersama klub Austria, RB Salzburg. Dengan postur menjulang, pemain yang kini berharga Rp1,4 triliun itu diklaim sebagai titisan Zlatan Ibrahimovic.

Kendati harga pasarnya baru sekitar Rp450 miliar, bomber muda Swedia, Alexander Isak tak kalah memukau musim ini. Aksi-aksi penyerang klub La Liga, Real Sociedad itu begitu menakutkan bagi para bek. Dan prediksi bahwa ia kelak akan menjadi salah satu superstar dunia jelas masuk akal.

Di posisi gelandang, ada nama Nicolo Zaniolo. Gelandang serang AS Roma itu menjelma menjadi salah satu pemain paling berbahaya dan diklaim sebagai calon bintang besar Italia. Tak heran, di usianya yang baru 20 tahun, harganya sudah nyaris menyentuh angka Rp1 triliun.

Jenderal lapangan tengah berusia muda lainnya adalah, Martin Odegaard. Bakat besarnya sebenarnya sudah terlihat ketika masih berusia 17 tahun yang membuat Real Madrid berani menjadikannya pemain muda termahal. Namun, sihir-sihirnya yang memukau baru benar-benar ia pertontonkan setelah dipinjamkan ke Real Sociedad.

Gelandang muda Jerman, Kai Havertz adalah pemain tengah yang kini juga sudah menyedot banyak minat raksasa karena penampilan fantastisnya. Gelandang serang berusia 20 tahun Bayer 04 Leverkusen itu kini berharga Rp1,6 triliun dan diyakini akan menjadi salah satu pengatur permainan terbaik di masa depan.

Satu nama dari posisi gelandang yang tidak luput dari sorotan yakni Mason Mount. Playmaker Chelsea berusia 21 tahun tersebut muncul musim ini dan langsung tembus ke timnas Inggris. Kemampuannya bahkan mendapat pujian Messi.

Seperti dilansir Football London, kapten Barcelona itu memasukkan Mount dalam kategori ‘youth on the rise’. “Setelah menyaksikannya bermain, ia memiliki potensi untuk menjadi salah satu yang terbaik,” kata Messi.

Calon superstar juga muncul dari sektor pertahanan. Bek Juventus, Matthijs de Ligt memimpin daftar pesohor baru lini belakang. Setelah memukau bersama Ajax dan timnas Belanda, Si Nyonya Tua bergerak cepat membajak pemain berbanderol 75 juta euro itu.

Lalu, ada nama Trent Alexander-Arnold. Bek Inggris itu berkibar bersama Liverpool dengan perannya sebagai raja assist liga. Dan nama yang paling mengejutkan di posisi benteng pertahanan adalah Alphonso Davies.

Bek kiri 19 tahun Kanada itu memaksa pemain berpengalaman seperti Lucas Hernandez duduk manis di bench Bayern Munchen. Walau baru muncul musim ini, Davies yang digadang-gandang menjadi salah satu bek sayap terbaik dunia kini sudah berharga Rp901 miliar. (amr)

CALON SUPERSTAR

Penyerang

Kylian Mbappe, 21 tahun (PSG/penyerang): 200 juta euro (Rp3,4 T)

Jadon Sancho, 19 tahun (Borussia Dortmund/winger kanan): 130 juta euro (Rp2,2 T)

Erling Haaland, 19 tahun (Borussia Dortmund/penyerang): 80 juta euro (Rp1,4 triliun)
Alexander Isak, 19 tahun (Real Sociedad/penyerang): 25 juta euro (Rp450 miliar)

Joao Felix, 20 tahun (Atletico Madrid/penyerang): 90 juta euro (Rp1,5 T)

Gelandang

Kai Havertz, 20 tahun (Bayer 04 Leverkusen/gelandang serang): 90 juta euro (Rp1,6 triliun)
Nicolo Zaniolo, 20 tahun (AS Roma/gelandang serang): 50 juta euro (Rp901 miliar)

Martin Odegaard, 21 tahun (Real Soceidad/Real Madrid/gelandang serang): 50 juta euro (Rp901 miliar)

Mason Mount, 21 tahun (Chelsea/gelandang serang): 45 juta euro (Rp811 miliar)

Bek

Trent Alexander-Arnold, 21 tahun (Liverpool/bek kanan): 110 juta euro (Rp1,9 T)

Matthijs de Ligt, 20 tahun (Juventus/bek tengah): 75 juta euro (Rp1,3 triliun)
Alphonso Davies, 19 tahun (Bayern Munchen/bek kiri): 50 juta euro (Rp901 miliar)

Sumber data: Transfermarkt

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Amir

Comment

Loading...