Aktivis: Jangan Berani Lockdown, Kalau Pangan Tak Terjamin

Jumat, 3 April 2020 11:03

Kader Gerakan Rakyat dan Mahasiswa Indonesia (Gerak Misi), Muh Nur Hidayat S. (IST)

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – Kalangan aktivis mulai angkat bicara menyikapi pandemi virus corona saat ini. Ada tuntutan yang mereka minta kepada pemerintah pusat.

Istilah lockdown sejak wabah virus ini masuk ke Indonesia, sudah tak asing. Para aktivis pun meminta pemerintah untuk segera menerapkan kebijakan tersebut.

“Saya menantang Presiden RI, untuk segera mengambil langkah cepat yaitu melakukan full lockdown. Ini (virus) jangan sampai semakin tersebar luas,” kata Kader Gerakan Rakyat dan Mahasiswa Indonesia (Gerak Misi), Muh Nur Hidayat S, Jumat (3/4/2020).

Menurut dia, organisasi kesehatan dunia atau WHO telah menyatakan virus ini sebagai masalah dunia. Meski lokasi sebagai asal virus ini mulai reda, sampai hari ini, justru masih menyebar ke negara lain.

Hidayat mengatakan, setelah pemerintah telah menerapkan lockdown se-Indonesia, pemerintah juga wajib menjamin kebutuhan pangan rakyat selama wabah virus masih menggeliat.

“Otoritas terkait harus bertanggung jawab atas kebutuhan masyarakat. Selama sistem full lockdown diterapkan,” tegasnya.

Presiden RI, Jokowi sebagai orang nomor satu di Indonesia, kata dia, sudah menjadi konsekuensi menjadi pemimpin. Jokowi diminta untuk lakukan lockdown secara penuh, dan menjamin pasokan pangam seluruh rakyat di Indonesia. (ishak/fajar)

Komentar


VIDEO TERKINI