Cegah Penyeberan Covid-19, Dishub Makassar Bangun Posko di Perbatasan

Kepala Dinas Perhubungan Makassar, Mario Said. (ikbal/fajar.co.id)

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Sebagai salah satu upaya pencegahan Covid-19, pihak Pemerintah Provinsi Sulsel dan Pemerintah Kota Makassar melarang warganya mudik untuk sementara waktu.

Kendati sudah diperingati, sebagian masyarakat masih saja melakukan aktivitas mudik. Mencegah hal yang tidak diinginkan, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Makassar, bakal merancang posko di setiap perbatasan kota.

“Nantinya akan ada sejumlah tim gabungan, di antaranya Dinas Kesehatan, pihak Kepolisian serta Dishub itu sendiri,” ungkap Kadishub Makassar, Mario Said, Jumat (3/4/2020).

“Mudah-mudahan dalam waktu dekat posko bisa berdiri, bergantung nanti kerjasama semua pihak, karena saya tidak bisa berdiri sendiri karena inikan menyangkut kesehatan,” sambung Mario

Mario menambahkan, masyarakat yang akan bepergian, baik yang menuju ataupun ke luar Makassar akan menjalani sejumlah prosedur.

“Prosedur tersebut di dalamnya mencakup pendataan, pengecekan suhu tubuh dan penyemprotan desinfektan yang akan dilakukan Dinas Kesehatan,” ucapnya.

“Itulah saya minta dibuat tim terpadu, mungkin di situ ada Danramilnya, mungkin nanti di situ ada Kapolseknya, Pemerintah Kecamatan, Dishub, Satpol PP, dan yang paling penting adalah dari Dinas Kesehatan, utamanya petugas puskesmas,” kata Mario.

Lebih jauh, bagi masyarakat yang hendak masuk ke Kota Makassar, akan didata secara khusus, mulai identitas diri, tempat yang akan dituju dan keperluan kedatangan.

“Itu supaya kalau ada apa-apa gampang kita deteksi, paling tidak seperti itu dan kendaraannya kita semprotkan disinfektan,” jelasnya. (ikbal/fajar)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Adi Mirsan

Comment

Loading...