Identifikasi Kesulitan Indonesia, Xi Jinping Siap Tawarkan Bantuan

Jumat, 3 April 2020 09:58

Presiden Jokowi bersama Presiden Xi Jinping--setpres

FAJAR.CO.ID, BEIJING – Presiden Tiongkok Xi Jinping menyatakan bahwa pemerintahannya, siap memberikan dukungan dan bantuan kepada Indonesia untuk mengatasi epidemi virus corona.

Dalam percakapan telepon dari Beijing dengan Presiden Joko Widodo, Kamis (2/4), Xi menyampaikan keprihatinannya mengenai penyebaran virus yang makin meluas ke berbagai negara dan kawasan, termasuk Indonesia.

Atas nama pemerintah dan rakyat Tiongkok, dia menyampaikan rasa simpati kepada masyarakat Indonesia. “Setelah melalui perjuangan yang berat, masyarakat Tiongkok telah keluar dari masa-masa paling kritis,” demikian Xi dengan menambahkan bahwa Tiongkok telah mengidentifikasi kesulitan-kesulitan yang dialami Indonesia dan bersedia menawarkan bantuan.

Walau begitu, Xi sangat yakin di bawah kepemimpinan Presiden Jokowi, Indonesia bisa memenangi pertempuran melawan wabah mematikan tersebut.

Menurut Sekretaris Jenderal Partai Komunis Tiongkok (CPC) itu, dalam menghadapi pandemi corona, Tiongkok dan Indonesia telah saling memberikan dukungan sebagai bentuk persahabatan yang mendalam dengan berbagi suka dan duka serta saling membantu antara satu dengan yang lainnya.

Presiden Xi juga menekankan pentingnya sinergi yang kokoh sehingga masyarakat internasional mampu menaklukkan epidemi yang telah menjadi musuh umat manusia di dunia itu.

Pemimpin Pusat Militer Tiongkok (CMC) itu juga mengajak Indonesia bekerja sama lebih erat lagi, guna mendorong negara-negara maju G20 dan masyarakat internasional memainkan perannya dalam mengatasi krisis ekonomi global.

Komentar


VIDEO TERKINI