Klub La Liga Rugi Rp17 Triliun Jika Musim Dibatalkan

La Liga/US Soccer Players

FAJAR.CO.ID, MADRID—Imbas wabah virus corona terhadap sepak bola begitu besar. Klub La Liga Spanyol misalnya, mereka akan mengalami kerugian hingga hampir Rp20 triliun jika musim 2019/2020 dibatalkan.

Dikutip dari Football Espana, klub-klub La Liga bisa mengalami kerugian hingga 957 juta euro atau sekitar Rp17,091 triliun jika musim ini benar-benar dinyatakan batal dalam beberapa minggu mendatang.

Sepak bola domestik di Spanyol sudah ditangguhkan tanpa batas waktu di tengah Covid 19 dimana pemerintah melakukan lockdown. UEFA juga sudah mengkonfirmasikan penundaan semua kompetisi Eropa.

Penghentian semua kegiatan sepak bola klub memang merusak secara finansial. Itu karena klub-klub saat ini tanpa pemasukan dari pertandingan dan juga hak siar televisi. Namun laporan MARCA menyatakan jumlah itu akan berkurang secara signifikan jika sepak bola bisa dilanjutkan kembali.

Perkiraan sementara, kerugian berkisar 303,4 juta euro jika musim 2019/2020 bisa diselesaikan di balik pintu tertutup. Dan 156,4 juta euro jika penggemar dapat kembali ke stadion.

La Liga dilaporkan dalam negosiasi dengan serikat pemain, dengan proposal untuk pemotongan gaji guna mengurangi dampak finansial. Barcelona dan Atletico Madrid telah mengumumkan pengurangan upah 70%. (amr)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Amir

Comment

Loading...