Masuk Daftar ODP, Bupati Moroali Utara Wafat Saat Jalani Perawatan di RS Siloam

Jumat, 3 April 2020 10:40

Almarhum Bupati Morowali Utara Ir Aptripel Tumimimor MT. (IST)

“Awalnya Bupati menderita demam dangue. Namun sakit beliau bertambah akibat penumpukan cairan di paru-paru. Saat itu beliau memilih tidak diopname di rumah sakit,” jelasnya.

Tak sampai disitu, dokter ahli penyakit dalam itu juga melakukan rapid tes untuk mengetahui paparan Covid-19 terhadap Aptripel, hasilnya menunjukan indikator negatif. “Rapid tes menujukan negatif. Artinya sakit Bupati tidak terkait C-19,” imbuh Daniel.

Aptripel yang masih bertahan di rumah dinas selanjutnya diberikan terapi obat-obatan dan oxygen. Proses itu dipantau langsung oleh Daniel.

Sehari kemudian, Rabu (1/4/2020), kondisi Aptripel memburuk sebelum dilarikan ke RSUD Kolonodale. Namun karena hal tehnis, Aptripel kemudian dirujuk ke rumah sakit Siloam Makassar.

“Rabu pagi, cairan di paru-paru Bupati bertambah banyak atau menempati ¾ paru kiri dan kanan. Bupati selanjutnya dirujuk ke Makassar,” tandasnya.

Sementara itu, Sekkab Musda Guntur menyebutkan pernyataan resmi Daniel Winarto guna menjamin keakuratan informasi publik. Sebab sebelumnya Aptripel dikabarkan terserang virus Covid-19.

“Dokter Daniel adalah jubir Satgas Covid-19 yang secara resmi memberikan keterangan medis atas kondisi Bupati Morut. Rapid tes menunjukan Bupati tidak terpapar virus tersebut,” tegasnya.

Musda juga mengatakan Aptripel rencananya akan dipindahkan ke RSUP Dr Wahidin Sudirohusodo Makassar. Hal itu dipengaruhi peralatan medis Siloam Hospital yang masih terbatas.

Bagikan:
8
4
1

Komentar