Petisi Minta Jokowi Bebaskan Siti Fadilah dari Penjara Menggema

Jumat, 3 April 2020 21:02

Mantan Menteri Kesehatan Siti Fadilah (Imam Husein/Jawa Pos)

FAJAR.CO.ID,JAKARTA– Suara-suara yang meminta Presiden Joko Widodo segera membebaskan mantan Menteri Kesehatan Siti Fadilah Supari dari penjara terus menggema.

Di laman change.org terdapat petisi yang meminta Presiden Ketujuh RI itu membebaskan Siti dari bui seiring pandemi virus corona (COVID-19) yang melanda seluruh dunia termasuk Indonesia.

Seseorang yang mengaku bernama dr. Nyoman Kusuma sebagai pembuat petisi itu menyatakan, kini saatnya pemerintah, TNI, Polri dan seluruh masyarakat bersatu melawan wabah virus corona. Menurut dia, Siti yang menjabat Menkes RI 2005-2009 punya pengalaman mengatasi pandemi flu burung H5N1 dan flu babi.

“Pengalaman dan keahlian Siti Fadilah sebagai menteri kesehatan dalam mengatasi ancaman politik pandemi flu burung dan pandemi flu babi sangat berharga dan dibutuhkan saat ini oleh bangsa dan negara yang sedang menghadapi wabah corona,” tulis Nyoman di laman change.org.

Nyoman menuturkan, Siti tak hanya berhasil melindungi rakyat Indonesia dari pandemi flu burung, tetapi juga mengoreksi kekeliruan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).Namun, saat ini Siti hanya bisa memantau perkembangan penanganan wabah COVID-19 dari balik tembok penjara Lapas Pondok Bambu, Jakarta Timur.

Lebih lanjut Nyoman mengatakan, saat ini usia Siti sudah lebih dari 70 tahun. Kelompok usia itu tergolong rentan dari sisi kesehatan, apalagi di dalam penjara saat ada pandemi virus corona.

Komentar


VIDEO TERKINI