Siapa Bilang Menikah Dilarang Saat Pandemi Corona? Begini Caranya

Jumat, 3 April 2020 13:53

FOTO: ARINI/FAJAR

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Wabah corona yang menyerang Indonesia sudah merugikan banyak pihak. Mengantisipasi penyebaran pemerintah pusat pun mengeluarkan edaran agar acara yang melibatkan banyak orang ditunda sampai wabah selesai.

Salah satu yang terkena imbasnya adalah orang-orang yang ingin melaksanakan pernikahan. Sudah banyak calon pengantin yang terpaksa menunda resepsinya.

Menyikapi persoalan terebut, Kementerian Agama Kota Makassar mengatakan bagi calon pengantin yang ingin melaksanakan pernikahan tidak usah risau. Pihak Kemenag Makassar telah menyiapkan ruangan khusus.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Seksi Pendidikan Diniah dan Pondok Pesantren (PDPontren) Kementerian Agama Kota Makassar, Afdhal. Ia mengatakan, terlebih dahulu para calon pengantin mendaftar di Kantor Urusan Agama (KUA) berdasarkan peraturan menteri No.18/2019.

“Masyarakat bisa datang ke kantor KUA apakah yang bersangkutan atau keluarga terdekat untuk mendaftarkan proses itu dengan tetap menjaga SOP untuk Covid-19,” kata Afdhal, Jumat (3/4/2020).

Kendati demikian, tetap ada sejumlah aturan tentunya harus dipatuhi oleh para calon pengantin.

“Mereka dalam pelaksanaan nanti ketika sudah ditetapkan tetap tidak lebih dari 6 orang. 6 orang itu terdiri dari petugas KUA itu sendiri kemudian Calon Pengantin 2 orang, kemudian saksi dua orang dan wali,” ungkapnya.

Selain itu, pelayanan di Kantor Kementerian Agama Makassar seperti pelaksanaan nikah, diharapkan petugas KUA tetap melayani dan terbuka, namun dengan jumlah yang terbatas. Hal tersebut berdasarkan surat edaran Menteri Agama dengan No.5/2020, pertanggal 30 Maret dalam pelaksanaannya, tetap menjalankan tugasnya.

Komentar


VIDEO TERKINI