Surat Bocor, Kapten Kapal Induk Theodore Roosevelt Dipecat

Jumat, 3 April 2020 09:23

Angkatan Laut AS memecat kapten kapal induk karena bocornya surat yang meminta bantuan--net

FAJAR.CO.ID, SAN DIEGO– Kapten kapal induk yang bermarkas di San Diego dipecat sebagai kapten kapal induk Theodore Roosevelt. Langkah pemecatan sang kapten itu disampaikan Pentagon dalam sebuah konferensi pers pada Kamis.

Pemecatan terpaksa diambil pihak Pentagon setelah suratnya bocor terkait permintaan bantuan, akibat adanya awak kapal yang tengah terjangkit virus corona.

Sekretaris Angkatan Laut AS, Thomas Modly mengumumkan pencopotan itu dilansir iranpress, Jumat, (3/4/2020).

Kapten Brett Crozier menulis surat Minggu malam yang meminta Angkatan Laut untuk mengevakuasi 90 persen awak Theodore Roosevelt untuk menghentikan penyebaran COVID-19 yang sedang berlangsung. Surat itu diterbitkan Selasa oleh San Francisco Chronicle dan menghasilkan berita utama di seluruh AS.

Pada Rabu, Angkatan Laut mengumumkan akan memindahkan hampir 3.000 pelaut dari kapal dan bekerja untuk menemukan ruang di Guam untuk mendapatkan lebih banyak.

Kapal induk Roosevelt ditarik ke Guam akhir pekan lalu setelah beberapa pelaut di atas kapal dinyatakan positif COVID-19. Itu dua minggu setelah kapal mengunjungi Da Nang, Vietnam.

Sementara Angkatan Laut AS tidak mengungkapkan kasus COVID-19 spesifik pada kapalnya, Sekretaris Angkatan Laut Thomas Modly mengatakan pada Kamis 2 April, sekitar 114 pelaut di kapal tersebut dinyatakan positif. (fajar)

Komentar


VIDEO TERKINI