Wabah Covid-19, Damris: Legislator Jangan Menyelam Sambil Minum Air

Damris

FAJAR.CO.ID, MAMUJU — Anggota DPRD Sulbar dari Fraksi Golkar, Damris, mengajak rekan sejawatnya agar memiliki rasa empati yang lebih di saat bangsa ini dilanda pademi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Ajakan itu dilontarkan Ketua DPD II Golkar Mamuju ini setelah menyaksikan gelagat beberapa anggota dewan yang dinilainya ingin menyelam sambil minum air di tengah wabah mematikan ini. Gelagat itu yakni melakukan perjalanan dinas ke daerah-daerah.

Meski enggan menyebut siapa oknum dimaksud, legislator Dapil Mamuju ini hanya menegaskan bahwa tidak elok jika seorang anggota dewan membawa isu penanganan Covid-19, lalu mengorek anggaran perjalanan dinas. Benar jika itu bagian dari pengawasan. Namun, kata dia, bukannya lebih baik jika kunjungan itu dilakukan dengan suka rela, toh wakil rakyat sudah seharusnya berkorban untuk rakyat.

“Misalnya kalau turun ke RS secara sukarela itu tidak masalah, tetapi kalau seperti DPRD, pakai perjalanan dinas sama halnya itu menyelam sambil minum air. Itu memanfaatkan situasi,” kata Damris, Jumat, 3 April 2020.

Dia mengaku, untuk turun melakukan pemantauan penanganan Covid-19 sudah tidak tepat di saat ini. Apalagi menggunakan perjalanan dinas. Menurutnya, jika DPRD turun ke lapangan sekadar menjelaskan keadaan, menurutnya, tim medis tentu lebih tahu.

Kecuali, jika anggota DPRD tersebut turun sebagai relawan. Itu beda lagi, katanya. Relawan sendiri melakukan gerakan dengan sukarela, bukan dengan membuat pertanggunjawaban memuluskan pencairan yang menggunakan uang rakyat. Karenanya ia menilai, DPRD turun memantau penanganan Covid-19 meguras APBD sementara masih banyak masyarakat ditekan kemelaratan akibat pendami Covid-19.

KONTEN BERSPONSOR

Komentar