900 Ribu KK Dapat Bantuan

Infografis/fajar

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR–Kelompok masyarakat terdampak korona akan mendapat bantuan sembako. Jumlahnya 900-an ribu KK.

Pemprov Sulsel mengacu pada basis data terpadu (BDT) Kemensos untuk menggelontorkan bantuan sosial untuk warga terdampak Covid-19. Rp13,3 miliar disiapkan untuk program ini.

Kepala Dinas Sosial (Dissos) Sulsel, Agustinus Appang mengatakan dari 900-an ribu kepala keluarga (KK) itu, 470 ribu di antaranya sudah mendapat skema bantuan selama ini melalui program keluarga harapan (PKH), Bantuan Pangan Non-Tunai (BNPT), dan sebagainya.

“Jadi kita akan fokus saja ke sekitar 500 ribu KK. Supaya bantuan tidak menumpuk,” ungkapnya kepada FAJAR, Jumat, 13 April.

Akan tetapi, angka acuan ini masih bisa bergerak. Apalagi, ini masih berjalan proses verifikasi. Pihaknya minta kabupaten/kota untuk segera melaporkan datanya. Termasuk untuk data buruh harian.

“Selama ini kan masih banyak buruh harian seperti pekerja bangunan yang bisa bayar listrik, beli pangan. Namun karena Covid-19, pekerjaannya terhenti. Tak ada lagi gaji harian. Ini juga yang kami minta diverifikasi baik datanya,” tuturnya.

Data menjadi penting agar bantuan tepat sasaran. Apalagi, ada ancaman atau sanksi besar bila bantuan yang dikucurkan nanti bukan pada orang yang tepat. Ini sudah ditegaskan presiden.

“Makanya kita minta pendataan bagus. Jaring pengaman sosial ini sebenarnya kita kombinasi. Pusat, pemprov, dan daerah. Sulit bila hanya pemprov. Kabupaten/kota yang mesti lebih berperan. Kita hanya menyokong,” jelasnya.

KONTEN BERSPONSOR

Komentar