Ancaman UEFA! Setop Liga, Absen di Liga Champions

Aleksander Ceferin/JOHN THYS / AFP via Getty Images

FAJAR.CO.ID, NYON—UEFA memberikan ancaman kepada penyelenggara liga domestik di Eropa. Asosiasi sepak bola Benua Biru menegaskan bahwa semua yang menghentikan liga domestiknya tidak akan mendapat jatah Liga Champions.

UEFA mengeluarkan seruan itu setelah klub di Belgia mewacanakan penghentian liga akibat wabah virus corona. UEFA memperingatkan klub Belgia bahwa mereka akan absen dari kompetisi Eropa musim 2020-21 jika kampanye domestik mereka berakhir lebih awal.

Jupiler Pro League telah memberikan dukungannya menghentikan kampanye 19-20 yang berjalan saat ini, dengan Club Brugge – unggul 15 poin di puncak klasemen, hanya membutuhkan satu pertandingan lagi untuk dinobatkan sebagai pemenang gelar.

Presiden UEFA, Aleksander Ceferin menegaskan melanjutkan kembali musim setelah pandemi coronavirus teratasi adalah prioritas. Karena itu, ia mengeluarkan ancaman terhadap liga yang memiliki ide penghentian kompetisi mereka.

“Saya pikir itu bukan keputusan yang tepat. Solidaritas bukan jalan satu arah. Anda tidak dapat meminta bantuan dan kemudian memutuskan sendiri yang paling cocok untuk Anda,” tegas Ceferin kepada ZDF dikutip dari Football Italia.

Menurutnya, ini bukan hanya untuk Belgia tapi peringatan bagi federasi manapun di Eropa. “Belgia dan federasi yang mungkin mempertimbangkan melakukan hal yang sama menempatkan keikutsertaan mereka dalam kompetisi Eropa tahun depan terancam,” ujarnya.

Bagi UEFA, mereka harus bisa menyelesaikan liga. “Keinginan UEFA adalah untuk mengakhiri semua musim liga, bahkan jika ini bisa berarti molor sangat jauh dari waktu yang direncanakan dan memainkan semua game yang tersisa di balik pintu tertutup,” lanjutnya.

Menurutnya, sepakbola tidak akan sama tanpa penggemar, tetapi tentu lebih baik untuk terus bermain dan menontonnya di TV, daripada tidak mengembalikannya sama sekali.

“Ini yang orang inginkan. Kami mungkin akan melihat Juli atau Agustus karena kami tidak akan bisa bermain di bulan September atau Oktober,” tandasnya. (amr)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Amir

Comment

Loading...