Antisipasi Virus Corona, Setengah Penghuni Lapas Dibebaskan

Napi Lapas Narkotika dijemur di halaman lapas

FAJAR.CO.ID, KUNINGAN- Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Kuningan membebaskan 33 warga binaannya, kemarin. Pembebasan narapidana tersebut dalam rangka antisipasi penyebaran virus corona yang semakin merajalela.

Tampak wajah bahagia terpancar dari para napi saat keluar dari pintu gerbang Lapas Kuningan. Sebelum menerima surat keterangan bebas, mereka dikumpulkan di halaman lapas untuk mendapat wejangan dan nasihat dari Kepala Lapas Kuningan Gumilar Budirahayu.

Gumilar Budirahayu mengatakan, pengeluaran dan pembebasan napi tersebut melalui program asimilasi dan integrasi berdasarkan keputusan menteri tertuang dalam Kepmen Nomor M.HH-19.PK.01.04.04 Tahun 2020 dalam mencegah penyebaran Covid-19. Adapun total warga binaan Lapas Kuningan yang akan dibebaskan sebanyak 130 orang lebih.

“Diawali hari Rabu (31/3/2020) lalu kami sudah membebaskan tiga orang, dan hari ini ada 30 narapidana yang bebas sehingga totalnya ada 33 orang. Selanjutnya pembebasan narapidana ini akan kami lakukan bertahap dengan melakukan penyisiran, di mana mereka yang dibebaskan adalah narapidana yang 2/3 masa pidananya jatuh pada tanggal 31 Desember 2020 dan tidak sedang menjalani subsider serta bukan warga negara asing,” ungkap Gumilar kepada Radar, kemarin.

Gumilar menambahkan, kebijakan ini sekaligus dalam rangka mengurangi jumlah penghuni lapas di seluruh Indonesia yang sebagian besar sudah melebihi kapasitas. Selanjutnya, mereka yang bebas tersebut akan menjalani masa asimilasi di rumahnya dengan pengawasan dan bimbingan petugas dari Balai Pemasyarakatan.

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Adi Mirsan


Comment

Loading...