Barcelona Obral Rakitic, Harga Turun hampir 3 Kali Lipat dari Tahun Lalu

Ivan Rakitic/AP

FAJAR.CO.ID, BARCELONA—Barcelona bersedia menjual murah Ivan Rakitic pada akhir musim mendatang. Sang gelandang diobral Raksasa Catalan di angka 20 juta uero atau hanya sekitar Rp358 miliar.

BANDEROL itu jauh di bawah harga yang diminta Barca dari peminat Rakitic pada bursra transfer musim panas tahun lalu. Saat itu, Blaugrana hanya bersedia menjual pemain internasional Kroasia itu di kisaran 51 juta euro atau sekitar Rp917 miliar.

Bahkan, banderol Rakitic yang dilaporkan MARCA dan Barca Blaugranes tersebut masih jauh di bawah harga pasar sang pemain. Sesuai data Transfermarkt, harga pasar Rakitic per hari ini adalah 25 juta euro atau sekitar Rp447 miliar.

Keputusan klub Catalan menurunkan harga eks pemain Sevilla tersebut tak lepas dari usia sang pemain. Seperti diketahui, Rakitic yang berlabuh di Camp Nou pada musim panas 2014 saat ini sudah berusia 32 tahun.

Selain itu, kontrak pemain kelahiran 10 Maret 1988 itu juga memang akan berakhir pada 2021 mendatang. Itu berarti, Barcelona harus melegonya sekarang kalau tidak ingin kehilangan Rakitic secara gratis musim panas tahun depan.

Walau sudah cukup senior, Rakitic masih punya banyak peminat. Raksasa Premier League Inggris, Manchester United misalnya, mereka secara teratur dikaitkan dengan pemain berpostur 184 cm itu. Namun, opsi untuk tinggal di Spanyol atau beralih ke Italia tampaknya lebih masuk akal.

Mantan klubnya, Sevilla dilaporkan tertarik membawanya kembali ke Andalusia. Mereka sebagaimana pemberitaan yang dikutip dari Metro bersedia menawarkan kontrak empat tahun kepada mantan kaptennya tersebut.

Tawaran ini bisa sangat menarik mengingat istri Rakitic berasal dari Sevilla. Masalahnya mungkin hanya upah. Laporan itu menyebutkan bahwa ia harus bersedia menerima pemotongan gaji yang cukup besar ketika kembali ke pantai selatan Spanyol. Bahkan, pengurangan upahnya bisa separuh dari gajinya saat ini.

Kendala lain yang bisa menghalangi kepulangan pemain yang sukses mengantar Kroasia ke final untuk skuat Kroasia di Piala Dunia 2018 itu adalah Sevilla enggan membayar angka permintaan Barcelona. Mereka hanya bersedia menebus sang gelandang dengan harga 13,6 juta euro atau sekitar Rp244miliar.

Selain Sevilla, Rakitic juga diincar Atletico Madrid. Sementara di Italia, Inter Milan dan Juventus bisa menjadi pilihan Rakitic. Khusus Inter, Rakitic bisa menjadi bagian dari rencana Barca membeli penyerang Argentina, Lautaro Martinez. Dengan kondisi keuangan saat ini, Barca bakal kesulitan menebus klausal 111 juta eruo Martinez jika tidak melibatkan pemain lain.

Namun, apapun itu, diskusi antara Rakitic, Barca, dan klub peminatnya masih bisa menghasilkan kompromi. Ketika jendela musim panas semakin pendek, semua pihak bisa membuat kesepakatan untuk mengakhiri spekulasi masa depan Rakitic yang sudah bermain 299 laga bersama Barca, termasuk 31 pertandingan di semua kompetisi musim ini. (amr)

SEPUTAR TRANSFER RAKITIC

Bandero Barcelona: 20 juta euro (Rp358 miliar)

Harga pasar versi transfermarkt: 25 juta euro (Rp447 miliar)

Harga tahun lalu: 51 juta euro (Rp917 miliar)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Amir

Comment

Loading...