Darurat Corona, Jenazah Pasien Covid-19 Dibakar di Pinggir Jalan

Sabtu, 4 April 2020 08:25

Jenazah pasien Covid-19 di Ekuador ada yang dibakar di pinggir jalan (AP)

FAJAR.CO.ID– Kondisi di negara Ekuador memprihatinkan. Negara di bagian selatan Benua Amerika itu menghadapi krisis akibat Covid-19. Rumah sakit sudah tak bisa lagi menampung pasien, dan mayat diletakkan di jalan. Banyak juga yang dibakar di pinggir jalan.

Pedro Zavala, seorang paramedis di kota Machala di Ekuador, bergegas begitu sibuk membawa ventilator portabel. dia kewalahan menghadapi situasi di Guayaquil, yang telah menjadi pusat krisis virus Korona di Ekuador.

“Rumah sakit kehabisan segalanya. Orang-orang mencari tangki oksigen, respirator, ventilator, masker, apa pun,” katanya seperti dilansir dari Miami Herald, Jumat (3/4).

Guayaquil, kota dekat pantai berpenduduk 2,3 juta orang, dihantam oleh virus Corona. Gambar yang dibagikan di media sosial menunjukkan pasien batuk merana di luar rumah sakit yang penuh sesak, orang-orang sekarat di jalan.

Wali Kota Guayaquil Cynthia Viteri juga dinyatakan positif virus Korona. “Apa yang terjadi dengan sistem perawatan kesehatan kita? Jenazah tak lagi di rumah, tapi ditinggalkan di trotoar,” katanya di Facebook.

“Warga berharap rumah sakit akan merawat mereka, tetapi tidak ada lagi tempat tidur,” tambah sang Wali Kota.

Kota itu telah mengeluarkan kocek USD 10 juta untuk membeli 50 ribu kit uji cepat tambahan, 40 ventilator portabel, dan 20 ventilator ICU. Dan juga telah empat truk berpendingin untuk menangani lonjakan jenazah.

Komentar


VIDEO TERKINI