Ekonomi Lesuh Karena Corona, Menaker Ida Pastikan THR Tetap Dibayarkan

Sabtu, 4 April 2020 14:15

Misalnya, apabila perusahaan tidak mampu membayar THR sekaligus, pembayaran THR dapat dilakukan secara bertahap. Apabila perusahaan tidak mampu membayar THR pada waktu yang ditentukan dalam peraturan perundang-undangan, pembayaran dapat ditangguhkan pada jangka waktu tertentu yang disepakati.

Namun, ketika jangka waktu penundaan yang disepakati telah berakhir dan perusahaan tetap tidak membayar THR, akan dikenakan sanksi. ”Atas dasar hasil pemeriksaan pengawas dan rekomendasi yang diberikan, perusahaan dapat dikenai sanksi administrasi sesuai peraturan perundang-undangan,” ungkapnya.

Sementara itu, Wakil Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia Shinta Kamdani mengakui bahwa kondisi saat ini merupakan situasi yang sulit bagi pelaku usaha semua sektor tanpa perkecualian.

”Jadi, kemungkinan akan sangat berat bagi pengusaha untuk membayarkan hak THR. Mungkin perusahaan harus membuat kesepakatan bipartit, yaitu kesepakatan pemberi kerja dan penerima kerja,” ujar Shinta.

Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Rosan Roeslani berpedapat senada. Namun, Rosan menegaskan bahwa pengusaha akan tetap mengupayakan hak THR pekerja bisa terpenuhi. ”Bayar THR itu kan (diatur dalam) undang-undang, jadi harus dipenuhi,” ujar Rosan.

Tapi, Rosan memberikan catatan bahwa tidak semua perusahaan memiliki kekuatan kas yang sama besar. Dengan begitu, di situasi yang sulit ini, tak tertutup kemungkinan perusahaan akan mengomunikasikan skenario-skenario alternatif pemberian THR kepada karyawan.

Komentar