Jangan Hanya Listrik, Anggota DPR Minta Pemerintah Sediakan Internet Gratis

Sabtu, 4 April 2020 09:50

Anggota Komisi I DPR RI, Sukamta. (IST)

FAJAR.CO.ID,JAKARTA– Presiden Joko Widodo telah mengeluarkan sejumlah kebijakan untuk mengurangi beban masyarakat di tengah himbauan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) akibat wabah covid-19. Sebut saja listrik gratis untuk daya 450 watt, relaksasi cicilan kredit tertentu, serta bantuan sosial bagi warga yang menunda mudik.

Anggota Komisi I DPR RI Sukamta mengatakan kebijakan tersebut belum berimbas bagi siswa yang belajar di rumah atau belajar jarak jauh, hingga pekerja yang dianjurkan work from home yang mana mereka sangat membutuhkan jaringan internet gratis untuk menunjang aktivitasnya.

“Kebijakan PSBB belum menyentuh soal penggunaan internet. Orang-orang diminta kerja di rumah, anak-anak sekolah dan mahasiswa belajar di rumah, pekerja-pekerja online makin sibuk. Pasti terjadi peningkatan penggunaan internet,” ujar Sukamta dalam keterangan tertulis yang diterima Fajar.co.id, Jumat (03/04/2020).

Selain penggratisan penggunaan internet, Sukamta juga mendesak pemerintah membesakan pulsa telepon bagi driver ojek online.

“Pemerintah juga perlu membebaskan pulsa telepon bagi para driver ojek daring karena ketika semua warga diminta stay at home, merekalah yang berjibaku menjadi pengantar mobilitas barang-barang pesanan warga,” serunya.

Politisi Partai Keadilan Sejahtera itu mencontohkan beberapa operator seluler telah mengeluarkan program khusus akibat Covid-19 ini. Misalnya Telkomsel dan Indosat yang menggratiskan layanan internet untuk akses tertentu, salah satunya untuk situs-situs pendidikan.

Komentar


VIDEO TERKINI