Pemerintah Didesak Buka Peta Persebaran Virus Corona di Indonesia

Sabtu, 4 April 2020 11:53

Anggota Komisi IX DPR Saleh Partaonan Daulay mendesak agar pemerintah memaparkan dan mempublikasikan peta persebaran vir...

FAJAR.CO.ID,JAKARTA– Anggota Komisi IX DPR, Saleh Partaonan Daulay, mendesak agar pemerintah memaparkan dan mempublikasikan peta persebaran virus Corona atau Covid-19 di Indonesia.

Menurut Saleh, masyarakat dinilai perlu mengetahui peta persebaran itu. Dengan begitu, mereka dapat menghindari dan berbuat sesuatu untuk memutus mata rantai penyebaran virus.

“Kita ini rasanya sudah lama perang melawan Covid-19. Tetapi sampai saat ini, kita belum tahu peta persebarannya. Kita hanya diberi data bahwa provinsi A jumlah yang positifnya sekian, provinsi B sekian, dan seterusnya,” ujar Saleh dalam keterangan tertulis yang diterima JawaPos.com, Sabtu (4/4).

“Sementara itu, pergerakan dan data-data orang-orang yang ODP dan PDP tidak diketahui. Padahal, mereka yang status ODP dan PDP ini sangat penting untuk dijaga dan diwaspadai,” ‎tambahnya.

Saleh mengatakan andai Indonesia punya perlengkapan terbaik sekalipun, tanpa peta rasanya agak sulit untuk bergerak. Ibarat perang, zona tempurnya harus jelas.

Saleh mengatakan, dalam rapat kerja gabungan bersama pemerintah yakni Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Kementerian Tenaga Kerja (Kemenaker), dan Kepala Percepatan Gugus Tugas Covid-19 Doni Monardo, dirinya telah menyampaikan agar masalah ini dijadikan prioritas. Sehingga masyarakat bisa mengetahui peta persebaran virus Korona ini.

Karena itu, peta persebaran virus Korona harus segera dibuat. Apalagi, menurut prediksi Badan Itelijen Negara (BIN) puncak penyebaran virus Korona ada pada bulan Juli dan diprediksi akan tercatat 106.287 kasus.

Komentar


VIDEO TERKINI