Peritel Kebutuhan Pokok, Harus Tetap Beroperasi

Sabtu, 4 April 2020 13:17

Toko satu sama di Jl Landak tetap beroperasi. (Foto: Tawakkal/FAJAR)

Jaga Jarak, Atur Lalulintas Manusia

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR— Pemerintah Kota Makassar harus memastikan ketersediaan pangan selama pembatasan aktivitas. Peritel kebutuhan pokok harus tetap beroperasi.

Kepala Dinas Perdagangan Kota Makassar, Andi Muh Yasir mengatakan, mata rantai jalur logistik di Makassar harus tetap terjaga. “Termasuk para pengusaha atau peritel yang menyediakan khusus kebutuhan pangan,” ujarnya kepada FAJAR, Jumat, 3 April.

Kata Yasir, potensi panic buying sedari awal memang sudah disikapi. Makanya, timnya sudah mendata beberapa peritel atau usaha lain penyedia bahan pokok atau kebutuhan dasar warga tetap siaga.

“Selain itu kita juga tetap memantau dan mengontrol pergerakan harga kebutuhan pokok,” ucapnya.

Sebelumnya, beredar surat imbauan berkop Pemkot Makassar yang melarang tiga ritel besar beroperasi selama masa pandemi Covid-19. Ada Alaska, Bintang, dan juga Toko Satu Sama.

Khusus Toko Satu Sama, kata Yasir, pemkot tetap mengizinkan beroperasi. “Memang toko itu menjadi penyedia kebutuhan pokok warga. Jadi tidak ditutup. Kami izinkan beroperasi. Kita izinkan buka sampai malam,” katanya.

Hanya saja para peritel, kata Yasir, harus mematuhi standar pencegahan Covid-19. Seperti harus menyiapkan hand sanitizer di pintu masuk toko dan harus dipandu oleh petugas.

“Begitu juga dengan alat pengukur suhu tubuh juga harus ada di tiap pintu masuk. Saat antre di kasir, peritel wajib mengatur jarak atau physical distancing minimal satu meter,” terangnya.

Komentar


VIDEO TERKINI