Sabar, Listrik Gratis Belum Bisa Direalisasikan Awal April

BELUM GRATIS: Warga Desa Tanjungtani, Prambon melihat meteran listriknya. April ini, pelanggan pengguna daya 450 VA belum bisa menikmati listrik gratis sesuai janji pemerintah. (Rekian - radarkediri.id)

FAJAR.CO.ID,NGANJUK– Janji penggratisan listrik untuk pelanggan dengan daya 450 VA dan diskon 50 persen bagi daya 900 VA, belum bisa direalisasikan awal April ini. Pasalnya, PLN Nganjuk masih menunggu data dari PLN pusat.

General Manager PT PLN Nganjuk Wicaksono mengatakan, hingga kemarin PT PLN Rayon Nganjuk masih menunggu data base dari pusat. “Kami belum menerima data (untuk penggratisan dan diskon listrik, Red),” ujar Wicaksono.

Lebih lanjut Wicaksono mengatakan, pengguna listrik terdiri dari banyak kriteria. Terutama untuk pelanggan 450 VA. Mereka tidak hanya rumah tangga. Melainkan ada pula untuk sosial, bisnis, industri, penerangan jalan umum dan pemerintahan. “Kios-kios pasar yang menggunakan daya 450 VA itu masuk dalam bisnis. Apakah ini masuk digratiskan atau tidak ini kami belum dapat kepastian,” ungkapnya .

Tidak hanya itu, daya 450 VA juga dipakai untuk sosial seperti musala. Termasuk kantor pemerintahan. Karena banyaknya penggolongan penggunaan itu, PLN Nganjuk harus lebih berhati-hati melakukan pendataan. Terutama untuk mereka yang mendapatkan listrik gratis selama tiga bulan.

Dengan jumlah pengguna 450 VA sekitar 24 juta pelanggan, Wicaksono mengaku masih melakukan kroscek data dan menunggu keputusan dari pusat. “Kalau semua sudah terdata akan disampaikan ke publik,” lanjutnya.

Jika data sudah siap, menurut Wicaksono pelanggan450 VA pascabayar akan langsung dibebaskan tagihan selama tiga bulan. Yakni, mulai April, Mei, dan Juni.

KONTEN BERSPONSOR

Komentar