1 Pekerja Positif Covid-19, 2 Pusat Grosir di Surabaya Tutup

Minggu, 5 April 2020 21:40

SUDAH SEPI, KINI KOSONG: Para pedagang dan pegawai di Pasar Kapasan berkemas dan mengosongkan toko-toko setelah pemkot m...

FAJAR.CO.ID, SURABAYA– Persebaran virus korona di Surabaya sudah mencapai sendi vital perekonomian warga. Terbaru, dua pasar yang menjadi pusat grosir dipastikan lumpuh. Dua pusat grosir di Surabaya Utara itu adalah Pasar Kapasan dan Pusat Grosir Surabaya (PGS).

Keputusan sudah diambil pemkot untuk Pasar Kapasan. Pasar yang sebagian besar pedagangnya berjualan pakaian dan bahan-bahannya itu bakal mati total selama dua pekan mendatang.

Untuk sementara, Pemkot Surabaya memutuskan menutup salah satu pasar grosir terbesar di Kota Pahlawan tersebut. Penutupan dilakukan setelah salah seorang pekerja positif menjadi korban virus korona atau Covid-19.

Berdasar surat resmi dari Perusahaan Daerah (PD) Pasar Surya, penutupan secara resmi dilakukan mulai kemarin (4/4). Meski begitu, hingga kemarin sore, pasar belum ditutup total. PD Pasar Surya masih memberikan kesempatan kepada pedagang untuk mengemasi barang-barang.

Humas PD Pasar Surya Zaini menuturkan, penutupan dilakukan atas berbagai pertimbangan. Kebijakan tersebut diputuskan untuk menyelamatkan banyak orang. ’’Mungkin ini berat bagi pedagang. Namun, kami meminta seluruhnya legawa,’’ kata Zaini.

Mantan jurnalis itu menjelaskan bahwa salah seorang pekerja yang aktif di pasar positif menjadi korban Covid-19. Sebelumnya, dia dirawat di rumah sakit selama beberapa hari. Diduga, pasien berkontak dengan sejumlah pedagang di pasar.

Zaini menambahkan, pasar akan ditutup total mulai hari ini (5/4). Dengan adanya penutupan, otomatis seluruh pengunjung dilarang masuk. PD Pasar Surya bakal berkoordinasi dengan satpol PP dan kepolisian untuk menertibkan masyarakat.

Komentar