Pandemi Covid-19, IDP Pastikan Ketersediaan Pangan di Kecamatan Terpencil

FOTO: ISTIMEWA

Fajar.co.id, Luwu Utara -- Di sela-sela mengurusi percepatan penanganan covid-19, Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani menyempatkan untuk memanen sayuran selada di Dusun Manganan Desa Rinding Allo Kecamatan Rongkong, Sabtu (4/4/2020).

Tak sekadar memanen, kunjungan bupati perempuan pertama di Sulsel itu sekaligus untuk memastikan ketersediaan pangan khususnya sayuran.

"Pola pemanfaatan lahan pekarangan baik dengan cara hidroponik maupun konvensional sangat bermanfat bagi masyarakat sekaligus memastikan ketersediaan pangan, khususnya sayuran. Apalagi menurut PPLnya tadi didapatkan informasi bahwa sayuran tadi juga memasok kebutuhan beberapa retail modern di Makassar," tutur IDP.

IDP berharap di tengah pandemi covid-19 sekarang, petani dapat tetap produktif.

"Khususnya dengan memanfaatkan lahan pekarangan di sekitar rumah. Insya Allah, dapat manfaat sehatnya dan dapat manfaat ekonominya," harap bupati yang tak malu disebut anak petani ini.

Sementara Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Alauddin Sukri menuturkan, sistem hidroponik maupun konvensional tersebut merupakan inovasi PPL Kecamatan Rongkong

dalam pengembangan hortikultura utamanya sayuran di dataran tinggi.

"Khusus sayuran selada ini sudah tembus di beberapa retail modern di Makassar dengan harga terima sekira Rp. 40 ribu/kilo dan di Kendari dengan harga Rp. 50 ribu. Kelebihannya bisa langsung dikonsumsi tanpa dimasak karena organik dan non pestisida. Seperti harapan ibu bupati tadi, petani kita maupun masyarakat dapat tetap produktif di situasi saat ini dengan memanfaatkan lahan di sekitar pekarangan rumah," terang Alauddin.

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Muhammad Nursam


Comment

Loading...