Petisi Liga Italia, Atalanta Scudetto, Dianggap Simbol Penderitaan Akibat Corona

Pemain Atalanta merayakan gol mereka ke gawang Shakhtar Donetskdi fase grup Liga Champions/Getty Images

FAJAR.CO.ID, ROMA—Di tengah penghentian Serie A Italia akibat merebaknya virus corona, muncul petisi yang meminta gelar Serie A 2019-20 diserahkan kepada Atalanta. Alasan petisi, Kota Bergamo, asal Atalanta menjadi wilayah yang paling terpukul oleh pandemi coronavirus.

Hingga Minggu, 5 April, pagi ini, sudah ada 15.362 kematian di Italia akibat virus COVID-19. Dari jumlah tersebut, 8.656 di antaranya berada di wilayah Lombardy. Bergamo sendiri adalah kota kecil berpenduduk sekitar 120.000 jiwa dengan lebih dari 4.500 orang warganya meninggal dunia di sana selama sebulan terakhir akibat virus mematikan ini.

Petisi ini muncul di Change.org. “Ini akan menjadi prestasi olahraga mereka selama dua tahun terakhir dan untuk memberi penghormatan kepada kota Bergamo, simbol penderitaan Italia karena virus corona,” demikian pernyataan di petisi itu dikutip dari Football Italia.

La Dea, julukan Atalanta saat ini menempati posisi keempat di klasemen sementara Serie A 2019-20. Di Liga Champions, mereka sudah membuat sejarah dengan lolos ke babak delapan besar usai menyingkirkan Valencia. Atalanta belum pernah memenangkan gelar Serie A dan musim ini adalah kampanye Liga Champions pertama mereka.

Juventus sendiri, yang kini memuncaki klasemen menegaskan bahwa mereka tidak akan menerima Scudetto jika diberikan sebelum musim berakhir. Saat ini, Si Nyonya Tua unggul satu poin di atas Lazio. (amr)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Amir

Comment

Loading...