Said Aqil Siroj Imbau Lakukan Tarawih hingga Salat Idulfitri di Rumah

Said Aqil Siroj

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Ketua Lembaga Persahabatan Ormas Islam (LPOI), Said Aqil Siroj, mengeluarkan imbauan untuk pelaksanaan salat berjemaah. Dia menyampaikan masyarakat Islam tetap beribadah di rumah pada saat Ramadan dan Idulfitri.

Imbauan tersebut disampaikannya dalam video conference, Sabru 4 April. Dia mengimbau untuk umat muslim agar melaksanakan salat Jumat, salat Tarawih, dan Salat Idulfitri 1941 H di rumah masing-masing. Tak lagi digelar berjemaah di tengah pandemi Covid 19.

Said juga mengimbau umat Islam untuk tidak melakukan takbir keliling saat malam Idul Fitri 1941 Hijriah. Alasannya untuk mencegah meluasnya penyebaran virus Corona, mengingat pelaksanaan takbir keliling kerap dihadiri banyak masyarakat.

Ketua PB Nahdlatul Ulama (NU) tersebut meminta umat non muslim untuk beribadah di rumah masing-masing. Termasuk meminta agar masyarakat tak mudik tahun ini. “LPOI dan LPOK mendukung rencana kebijakan pemerintah untuk memberikan intensif kepada masyarakat yang tidak mudik lebaran.” jelasnya.

Dia menjelaskan, menjaga diri termasuk menjaga kesehatan dan keselamatan orang lain adalah perintah Allah SWT. “Jadi bukan hanya Salat. Tetapi menjaga keselamatan dan kesehatan juga perintah Tuhan,” tuturnya.

NU pun mengagendakan doa bersama pada 9 April mendatang. Tak hanya NU se-Indonesia, mereka mengajak masyarajat Nahdliyyin seluruh dunia, untuk doa bersama untuk melawan Covid-19.

NU juga sudah mengeluarkan surat edaran terkait aktivitas ibadah di rumah. Temasuk menjalankan shalat tarawih selama bulan Ramadhan dan shalat Idulfitri selama Pandemi Covid-19 di rumah masing-masing. (ful)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Muhammad Nursam

Comment

Loading...