Hindari Sengketa Hukum, Presiden FIGC: Serie A Haram Setop

Foto: Sky Sports

FAJAR.CO.ID, ROMA—Presiden federasi sepak bola Italia (FIGC), Gabriele Gravina menegaskan Serie A musim 2019/2020 harus diselesaikan di lapangan. Baginya, haram menyetop kompetisi tertinggi Italia ini di tengah jalan.

Serie A untuk ditangguhkan sejak awal Maret lalu setelah Italia mendapat guncangan wabah virus corona. Dengan angka pasien yang dinyatakan positif dan meninggal kian bertambah, tidak bisa diprediksi kapan Serie A akan dilanjutkan.

Meski demikian, Gravina percaya musim Serie A harus diselesaikan untuk mereka menghindari longsoran litigasi. Ligitasi adalah proses menyelesaikan perselisihan hukum di pengadilan dimana setiap pihak yang bersengketa mendapatkan kesempatan untuk mengajukan gugatan dan bantahan.

Beberapa presiden klub menyarankan musim ini harus dibatalkan. Dan Gravina mengatakan itu tidak akan terjadi. Menurutnya, Serie A harus berlanjut ketika situasi sudah benar-benar aman untuk melakukannya.

“Satu-satunya cara serius untuk menangani keadaan darurat serius semacam ini adalah menyelesaikan kompetisi musim 2019-2020 tahun ini,” kata Gravina kepada RAI dikutip dari Sky Sports.

Ia menjelaskan, mereka sudah melakukan pembicaraan dan ada beberapa opsi yang dihasilkan. “Kami sedang mengerjakan serangkaian solusi yang mungkin untuk mengelola situasi dengan cara sebaik mungkin,” tuturnya.

“Bisakah itu selesai pada bulan September atau Oktober? Itu adalah satu hipotesis. Ini adalah cara untuk menghindari bahaya, tidak hanya untuk musim 2019-20 tetapi juga musim 2020-21,” lanjutnya.

Gravina menjelaskan bahwa jika musim saat ini dsetop, sepak bola Italia akan menderita akibat longsoran litigasi. Mereka akan disalahkan oleh semua orang dan dapat dianggap merusak hak dan kepentingan.

Ini bisa termasuk tim-tim yang terdegradasi dan mereka yang absen di sepakbola Eropa musim depan. Menurutnya, akan ramai sengketa di ruang sidang. “Kami benar-benar akan mengambil risiko,” tegas Gravina.

Kamis lalu, UEFA sudah meminta liga-liga di seluruh Eropa untuk menyelesaikan musim. Asosiasi Sepak Bola Eropa itu menegaskan jika liga dibatalkan, klub-klubnya tidak akan bermain di Liga Champions dan Liga Europa musim depan. (amr)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Amir

Comment

Loading...