Kadinkes Sulsel Sebut Thermal Scanner Tak Bisa Diandalkan Cegah Covid-19

Senin, 6 April 2020 08:45

Kapal penumpang di Pelabuhan Soekarno-Hatta. (anti/fajar.co.id)

FAJAR.CO.ID,MAKASSAR– Antisipasi lonjakan mudik menjelang Ramadan terus digaungkan oleh pemerintah. Salah satunya dengan menyediakan thermal scanner (atau alat pendeteksi suhu) di pintu masuk bandara dan pelabuhan.

Kendati demikian, Kadis Kesehatan Sulsel, Ichsan Mustari mengaku thermal scanner yang disiapkan tidak dapat diandalkan untuk mencegah penyebaran virus corona (Covid-19).

“Virus ini sebenarnya tergantung kepatuhan kita semua jadi bagaimana kita melakukan pencegahan tidak hanya dilakukan oleh pemerintah tapi bantuan dari masyarakat juga sangat dibutuhkan misalnya dengan tidak mudik,”ungkapnya pada Fajar.co.id Senin (6/4/2020).

Menurutnya, untuk mencegah penyebaran covid 19 lebih luas masyarakat Sulsel dianjurkan tidak mudik. Lebih lanjut, kata dia, pihaknya telah melokalisir agar tidak ada lagi importir cast (pembawa virus) guna menekan penyebaran virus corona.

“Kita sudah lokalisir agar tidak ada lagi importir, transit itu dikurangi bagaimana agar positif tidak bertambah. Kita siapkan memang thermal scanner, itu tidak menjadi cukup. Jadi warga sulsel telponlah keluarganya di sana untuk tahun ini tidak datang,”bebernya.

Terpisah, Kabid Humas Polda Sulsel, Kombes Ibrahim Tompo juga mengimbau masyarakat Sulsel agar tidak mudik, dengan alasan penyebaran virus corona akan semakin luas.

Ia menyarankan, silaturrahmi bisa dilakukan melalui media sosial yang ada di gadget masing masing. Mengingat perkembangan teknologi sudah sangat canggih.

Komentar


VIDEO TERKINI