KUA Hentikan Layanan Akad Nikah

Senin, 6 April 2020 11:13

Prosesi akad yang biasanya menggunakan jabat tangan diganti dengan tali berwarna putih. (Anggi Fridianto/Jawa Pos Radar ...

Pengecualian itu diberikan jika jadwal akad berbarengan di KUA dan hari yang sama. Hal tersebut justru akan memicu menimbulkan kerumuman massa, sehingga lebih baik dilakukan di rumah calon mempelai perempuan. ’’Jadi kita melihat kondisi. Kalau cuma 1-2 pasangan bisa kita jadwal untuk memecah kerumunan,’’ imbuhnya.

Bambang menambahkan, di dalam SE Dirjen Kemanag juga menyebutkan jika calon pengatin diimbau untuk tidak melakukan resepsi pernikahan. Acara itu bisa ditunda hingga masa kondisi darurat Covid-19 berakhir. ’’Rencana resepsi nikah juga diundur atau dibatalkan dulu sementara waktu,’’ pungkasnya.

Di sisi lain, kemenag masih membuka pelayanan pendaftaran pernikahan. Hanya saja, dilakukan secara online melalui laman simkah.kemenag.go.id. Namun, penentuan jadwal akad nikah akan diberitahukan selanjutnya. Syarat-syarat untuk pengajuan nikah juga tetap harus dipenuhi. Termasuk tes urine yang telah diterapkan di wilayah KUA Prajurit Kulon sebagai pilot project.

(mj/ram/ron/jpr/fajar)

Bagikan berita ini:
4
5
9
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar