Panglima Koopsau II Minta Danlanud Jajaran Perhatikan Petugas Medis

Panglima Koopsau II Marsda TNI Donny Ermawan Taufanto, M.D.S, saat mengunjungi salah satu rumah sakit milik TNI Angkatan Udara.

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR –- Panglima Komando Operasi TNI Angkatan Udara (Pangkoopsau) II Marsda TNI Donny Ermawan Taufanto, M.D.S, memerintahkan kepada seluruh Komandan Pangkalan Udara (Danlanud) jajaran,  agar memperhatikan petugas medis.

“Walaupun menggunakan alat pelindung diri (APD), dokter, perawat, dan pekerja medis lain yang berada di garis depan untuk membantu pasien yang tertular virus corona Covid 19, namun demikian mereka lebih rentan dan juga berisiko mengalami sakit yang serius ketimbang orang biasa yang tidak bersentuhan langsung dengan pasien,” jelas Pangkoopsau II Donny Ermawan, seperti disampaikan Kepala Penerangan (Kapen) Koopsau II, Letkol Sus Drs Husban Abady, M.Ag, dalam siaran persnya, Senin (6/4/2020).

Makanya, Pangkoopsau meminta kepada para Komandan Lanud Jajaran Koopsau II untuk memperhatikan secara serius terhadap personel, dalam hal ini para tenaga medis TNI Angkatan Udara yang ditugaskan untuk membantu menangani pasien di rumah sakit ataupun di Posko kesehatan lainnya.

Para Komandan Pangkalan harus yakin betul bahwa para  tenaga medis TNI Angkatan Udara yang melaksanakan tugas betul-betul sudah dilengkapi dengan alat pelindung diri (APD) yang lengkap sesuai dengan standar WHO. Hal ini sangat penting karena jangan sampai mereka ketika melaksanakn tugas justru tertular virus corona, sebab hal itu akan berdampak pada personel TNI Angkatan Udara lainnya termasuk keluarganya sendiri dan keluarga besar TNI Angkatan Udara.

“Oleh karena itu, ketika mereka selesai menangani pasien maka mereka juga harus diperlakuakan sesuai dengan protokoler penanganan penyebaran virus corona tersebut dengan melakukan isolasi dan pemeriksaan medis secara lengkap terhadap yang bersangkutan,” ujar Pangkoopsau II.

Pangkoopsau II juga memberikan semangat dan apresiasi yang tinggi kepada para tenaga medis TNI Angkatan Udara, khususnya yang berada di bawah jajaran Koopsau II yang tetap semangat untuk bekerja dalam memberikan pelayanan dan pengobatan kepada para pasien, walaupun berisiko dan rentan terjangkit virus corona.

“Yakinlah bahwa pekerjaan para tenaga medis adalah merupakan pekerjaan yang sangat mulia di sisi Tuhan Yang Maha Esa, dan kalian adalah merupakan pahlawan karena telah membantu menyelamatkan nyawa manusia dari serangan Covid 19. Namun demikian para tenaga medis tersebut juga harus tetap waspada jangan sampai ikut tertular dan bahkan menularkan virus kepada personel lainnya termasuk keluarga besar TNI Angkatan Udara yang ada di bawah jajaran Koopsau II,”  Pungkas Donny Ermawan. (lis)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Muhammad Nursam

Comment

Loading...