Shopee Klaim Bantu 1 Juta Makser, BNPB: Kami Cuma Terima 50 Ribu

Senin, 6 April 2020 13:29

Tenaga Ahli bidang Media BNPB, Egy Massadiah. (IST)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Tenaga Ahli bidang Media BNPB, Egy Massadiah meluruskan pemberitaan yang dilansir Shopee Indonesia. Banyak media massa, terutama media online pada tanggal 2, 3, dan 4 April 2020 memajang berita dengan judul senada: “Perangi Covid-19, Shopee Sumbang 1 Juta Masker”.

“Ini bisa menimbulkan persepsi keliru di masyarakat, dalam press release pihak Shopee maupun pemberitaan disebutkan, bahwa bantuan 1 juta masker itu diserahkan melalui BNPB. Sedangkan, faktanya, per hari ini 6 April 2020 BNPB hanya menerima 50.000 (lima puluh ribu) masker, dan itu kami didistribusikan kepada para pihak yang membutuhkan,” terang Egy yang juga wartawan senior itu.

Berita itu bersumber dari press release pihak Shopee Indonesia, salah satu platform e-commerce yang cukup dikenal di Indonesia dan Taiwan. Dalam release Shopee, tertulis :

“Shopee kembali memberikan donasi sebanyak 1 juga masker kepada dokter dan tenaga medis. Bantuan tersebut diserahkan melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana Republik Indonesia (BNPB RI) dan tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19”.

“Berhubung sampai hari ini tidak ada ralat dari pihak Shopee, maka saya berkepentingan untuk membuat pelurusan, biar masyarakat mengerti situasi yang sebenarnya. Jangan pula ada persepsi BNPB atau Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 menimbun masker,” papar Egy, seraya menegaskan, “BNPB hanya menerima lima-puluh-ribu masker, bukan satu juta seperti yang dirilis Shopee.”

Komentar


VIDEO TERKINI