Alami Gejala Covid-19, J.K. Rowling Sembuh dan Bagikan Tips

J.K. Rowling akui merasakan gejala Covid-19 selama 2 minggu dan berhasil sembuh. (Antara)

FAJAR.CO.ID– Pandemi Covid-19 yang sedang melanda dunia memang bisa menulari siapa sapa. Deretan selebriti dan tokoh dunia pun tak luput dari penyakit sistem pernapasan ini. Salah satunya penulis buku terkenal, J.K. Rowling, yang ternyata sempat mengalami gejala Covid-19.

Lewat akun Twitter-nya, J.K. Rowling mengaku mengalami gejala Covid-19 selama 2 minggu. Namun saat ini, dirinya menyatakan telah sepenuhnya pulih. Selama dua minggu terakhir aku memiliki semua gejala C19 (meski belum dites),” ujarnya.

Penulis buku Harry Potter inipun berbagi tips untuk mengatasi gejala penyakit pernapasan tersebut. Teknik bernapas itu diajarkan oleh suaminya yang seorang dokter di Inggris.

Baginya, cara bernapas yang diajarkan suaminya sangat membantu saat mengalami kesulitan bernapas di kala gejala paling buruk menyerang. Inti dari teknik pernapasan adalah memasukkan sebanyak mungkin udara ke dalam paru-paru. Sehingga disarankan dilakukan segera sejak mulai terkena infeksi.

Dokter menyarankan, ketika merasakan gejala Covid-19, cobalah ambil lima kali dalam-dalam sebanyak dua set. Setiap satu kali tarikan napas tahan selama lima detik.

Lalu saat napas keenam lakukan seperti ingin batuk dengan kencang dan tutup mulut Anda. Kemudian, cobalah untuk tengkurap dengan bantal, mengambil sambil napas dalam-dalam selama 10 menit.

Mengapa tengkurap? Alasannya karena hampir seluruh bagian paru-paru ada di bagian belakang tubuh bukan di bagian depan. Jadi kalau tidur terlentang akan menutup jalannya udara masuk ke paru-paru dan itu tak bagus saat infeksi.

Setidaknya itulah yang dilakukan J.K. Rowling untuk mengatasi gejala Covid-19. “Saya sepenuhnya pulih dan teknik ini banyak membantu,” kata Rowling dilansir Variety, Selasa (7/4).

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Edy Arsyad

Comment

Loading...