Donor Darah Selama Pandemi Corona, PMI Makassar Terapkan Prosedur Khusus

Selasa, 7 April 2020 11:12

Ketua PMI Makassar, Syamsu Rizal. (ikbal/fajar)

FAJAR.CO.ID MAKASSAR– Pandemi corona yang berlangsung saat ini berdampak pada kurangnya orang yang mau donor darah Hal itu mengakibatkan persediaan stok darah Palang Merah Indonesia (PMI) Makassar berkurang.

Untuk itu, PMI Makassar mengadakan donor darah massal demi menutupi kekurangan yang ada. Namun, PMI Makassar menerapkan prosedur khusus bagi mereka yang mau berdonor di tengah pandemi Covid-19.

Hal tersebut diungkapkan Ketua PMI Makassar, Syamsu Rizal ‘Deng Ical’, saat ditemui di posko covid 19 Kota Makassar, Senin (6/4/2020).

Deng Ical menuturkan, kepada pendonor pertama akan semprotkan disinfektan, habis itu hand sanitizernya, setelah itu diberi masker, semuanya sesuai standar.

“Pulangnya juga kita kasi vitamin khusus, vitamin C dosis tinggi untuk membantu daya tahan,” ungkapnya.

Dalam pengambilan darah, kata Deng Ical tetap melakukan peraturan yang berlaku termasuk menjaga physical distancing.

“Jadi standarnya kita ini perbaiki kehigenisannya, kemudian kita perbaiki Standar Operasional Prosedur (SOP) termasuk dalam proses pengambilannya itu physical distancing juga kita aplikasikan,” ujarnya.

Kendati butuh darah, semua yang ingin mendonor tidak langsung terima. “Diukur tensinya, diukur hemoglobinnya, kemudian diinterview kapan menerima perlakuan media terakhir siapa tahu dia menelan obat, siapa tahu dia memiliki riwayat tertentu,” kata Deng Ical.

Sementara itu, untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19, semua yang ingin mendonor ditelusuri pernah kontak dengan siapa sebelumnya.

Bagikan berita ini:
6
6
4
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar