Hati-hati Pakai Masker, Corona Bisa Menempel di Lapisan Luar Masker Seminggu

Selasa, 7 April 2020 11:06

Upaya mencegah terjangkiti virus corona (COVID-19), warga menggunakan masker, di kawasan MH. Thamrin, Jakarta, Selasa (3...

FAJAR.CO.ID– Virus corona yang menyebabkan penyakit Covid-19 dapat menempel pada benda-benda lewat cairan droplet. Misalnya bisa menempel pada baja stainless dan permukaan plastik hingga empat hari. Bahkan virus ini bisa menempel pada lapisan luar masker wajah selama seminggu. Hal ini menurut sebuah penelitian para peneliti dari University of Hongkong (HKU).

Tim juga menemukan bahwa disinfektan rumah tangga biasa, termasuk pemutih, efektif dalam membunuh virus. Laporan tersebut diterbitkan dalam jurnal medis The Lancet pada pekan lalu. Dan menambah jurnal penelitian tentang Sars-CoV-2.

“Sars-CoV-2 dapat sangat stabil berada dalam lingkungan yang menguntungkan, tetapi juga rentan terhadap metode disinfeksi (disinfektan) standar,” kata para peneliti dari sekolah kesehatan masyarakat HKU, Leo Poon, dan Malik Peiris, seorang ahli virologi klinis dan kesehatan masyarakat seperti dilansir dari AsiaOne, Selasa (7/4/2020).

Para peneliti menguji berapa lama virus bisa tetap menular pada suhu kamar di berbagai permukaan. Pada kertas dan tisu itu berlangsung kurang dari tiga jam, sedangkan pada kayu dan kain serta jaket laboratorium akan menghilang pada hari kedua.

Pada gelas dan uang kertas, virus itu masih terlihat pada hari kedua, tetapi sudah hilang pada hari keempat. Sedangkan pada stainless steel dan plastik, virus itu bertahan selama empat hingga tujuh hari.

Para peneliti mengatakan bahwa secara mengejutkan masih ada tingkat infeksi yang terdeteksi pada lapisan luar masker wajah setelah tujuh hari. Maka penting untuk mengkampanyekan gerakan pakai masker wajib untuk semua.

Komentar


VIDEO TERKINI