Nyawa Warga Lebih Penting, PSBB Jakarta Diberlakukan

Selasa, 7 April 2020 17:19

Kota Jakarta diberlakukan PSBB.

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengingatkan agar Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memperhatikan betul keselamatan warga usai diterapkannya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Jakarta. Saat ini, Pemprov DKI sudah memiliki kewenangan penuh untuk mengambil kebijakan di lapangan untuk mencegah penularan Covid-19 semakin meluas.

“Tetap fokus pada nyawa manusia. Itu saja. Jadi semua itu tidak ada maknanya ketika kita tidak bisa menyelamatkan manusia, dalam hal ini penduduk,” kata Kepala Bidang Media dan Opini Publik Kementerian Kesehatan Busroni saat dihubungi, Selasa (7/4).

Busroni mengatakan, permohonan PSBB di Jakarta dikabulkan sudah melalui pertimbangan matang. Semuanya sudah dibicarakan bersama Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, yang terdiri dari sejumlah kementerian dan lembaga.

“Pertama pasti aspek kesehatan, nomor satu itu. Kedua aspek keselamatan. Ketiga aspek ekonomi,” jelas Busroni.

Sebelumnya, Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto akhirnya menyutujui permohonan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk menetapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di ibu kota. Permohonan ini dikabulkan usai Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melengkapi data dan dokumen pengajuan PSBB.

Kendati demikian, Busroni tidak merinci ihwal persetujuan ini. Dia hanya menyebut surat dari Menkes sudah ditandatangani pada Senin (6/4) malam. Selanjutnya, kebijakan di lapangan akan menjadi kewenangan Pemprov DKI Jakarta. (jpg)

Komentar


VIDEO TERKINI