Potong Rambut Sendiri Saat #DiRumahAja, Begini Caranya

Ilustrasi gaya rambut (IST)

FAJAR.CO.ID– Memotong rambut sendiri dari rumah bisa dilakukan dengan langkah sederhana. Tapi tentunya harus dilakukan hati-hati agar hasilnya simetris dan sempurna.

Jika Anda sudah tidak nyaman dengan rambut saat ini, tak ada salahnya potong sendiri di rumah. Terlebih di tengah pandemi Covid-29 saat ini. Tentunya akan lebih berisiko jika Anda pergi keluar bertemu dengan orang lain dalam jarak yang dekat.

Untuk itu, penata rambut selebriti dan Duta Besar Biolage Brand, Sunnie Brook mengungkapkan langkah-langkah sederhana dan tepat untuk memotong rambut di rumah. Seperti dilansir dari Harper’s Bazaar, Senin (6/4/2020), secara umum, alat yang paling penting dibutuhkan adalah gunting rambut. Jika Anda dalam keadaan darurat, gunting rumah bisa juga digunakan jika cukup tajam.

“Tapi lebih baik tidak memotong rambut Anda sama sekali daripada menggunakan gunting rumah. Karena hasilnya bisa tak maksimal,” katanya.

Peralatan yang Dibutuhkan

Pertama-tama Anda harus menyiapkan alat yang dibutuhkan. Yakni handuk untuk mengumpulkan rambut, sisir (gigi lebar untuk rambut keriting, gigi halus untuk rambut lurus), klip atau ikat rambut untuk bagian rambut, gunting, dan semprotan air.

Tahapan Untuk Rambut Keriting

Aturan pertama memangkas rambut adalah biarkan rambut mengering sepenuhnya dalam keadaan alami. Maka cara ini akan memberi hasil yang baik.

“Jika Anda memotong rambut keriting atau bergelombang ketika basah, itu akan meregang. Setelah mengering, rambut akan lebih naik ke atas,” jelasnya.

Untuk lapisan depan, mulailah dengan rambut yang benar-benar kering di bagian tengah. Gunakan telinga Anda untuk menahan sisa rambut. Ambil potongan rambut sedikit demi sedikit untuk membuat panduan untuk sisa rambut.

Lanjutkan mengambil bagian kecil, merata di sekitar wajah, dan memotong rambut sedikit miring ke bawah. Gunakan sisir yang lebih lebar.

Gunakan klip atau jepitan untuk menjaga rambut tak menghalangi wajah. Dan terus menyamakan dua rambut sisi kanan dan kiri.

Untuk ujung rambut yang terbelah, balikkan ujung rambut menghadap ke atas. Dan samakan apakah sudah rata. Gunakan gel atau pelembab untuk membuat rambut keriting lebih terstruktur sempurna.

Tahapan Rambut Lurus

Pastikan rambut lurus benar-benar kering. Mulailah dengan rambut yang benar-benar kering di bagian tengah.

Dengan menggunakan telinga untuk menahan sisa rambut Anda, ambil potongan rambut sedikit deni sedikit untuk membuat panduan untuk sisa rambut.

Gunakan sisir bergigi halus sehingga rambut mudah dibelah. Untuk hasil yang lebih lembut, potong menggunakan ujung gunting untuk memotong ujungnya secara vertikal.

Gunakan klip atau jepitan untuk menjaga rambut tidak menghalangi wajah. Dan terus ratakan sisi kanan kiri agar sama rata. (jp/fajar)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Adi Mirsan

Comment

Loading...