RS Darurat Pulau Galang, Laksamana Madya TNI Yudo Margono: Sudah Siap Semua

SIAP TAMPUNG PASIEN: Panglima Kogabwilhan I Laksamana Madya TNI Yudo Margono didampingi Kapolda Kepri Irjen Pol Andap Budhi Revianto meninjau RS Infeksi Khusus Korona di Pulau Galang, Senin (6/4). Untuk sementara, RS itu bisa menampung 460 pasien. (IMMANUEL SEBAYANG/BATAM POS)

FAJAR.CO.ID, BATAM– Rumah Sakit Darurat Covid-19 Pulau Galang di Batam, Kepulauan Riau, mulai beroperasi kemarin (6/4). Rumah sakit tersebut diresmikan Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Kogabwilhan) I Laksamana Madya TNI Yudo Margono. ”Sudah siap semua,” katanya kepada Jawa Pos (grup fajar.co.id).

Lama pengerjaan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PUPR) memakan waktu sebulan sejak 8 Maret lalu. Rumah sakit yang dibangun di eks lokasi pengungsi Vietnam pada 1979 sampai 1996 itu bisa menampung 460 pasien. Target pemerintah, RS tersebut memiliki seribu tempat tidur.

Menurut Yudo, pihaknya terus menambah tenaga medis yang bertugas di sana. Sebelumnya, hanya tersedia 77 petugas medis. ”Sekarang sudah ada 241 orang.”

Serupa dengan Rumah Sakit Darurat Covid-19 Wisma Atlet Kemayoran, Rumah Sakit Darurat Pulau Galang hanya menerima pasien Covid-19 kategori ringan sampai sedang. Untuk kategori berat, tetap mengandalkan rumah sakit rujukan pemerintah. (jpc/fajar)

KONTEN BERSPONSOR

Komentar