Studi: Minuman Panas Tak Bisa Membunuh Virus Covid-19

Ilustrasi minum panas (shutterstock)

FAJAR.CO.ID –– Di tengah wabah virus corona Covid-19, banyak sekali informasi tentang pencegahan virus corona Covid-19 yang tidak benar. Salah satunya, orang mengira konsumsi minuman panas bisa membantu membunuh virus corona Covid-19 dalam tubuh.

Karena itu, banyak orang minum teh, kopi dan minuman panas apapun dengan harapan bisa membunuh virus corona Covid-19. Tetapi, apakah minuman panas bisa membunuh virus?

Seorang ahli telah mempertegas bahwa konsumsi minuman panas tidak membantu membunuh virus corona Covid-19. Sampai sekarang pun belum ada obat yang dipatenkan bisa menangani virus corona Covid-19.

“Tidak ada bukti bahwa minuman panas akan melindungi kita dari infeksi virus,” kata Ron Eccles, seorang ahli penyakit pernapasan di Universitas Cardiff di Inggris dan mantan direktur Common Cold Centre dikutip dari BBC.

Eccles telah melakukan penelitian di masa lalu tentang dampak minuman panas ketika flu. Ia menemukan bahwa minuman panas bisa meredakan gejala pilek.

Hal ini mungkin disebabkan oleh peningkatkan sekresi air liur dan lendir di mulut dan hidung yang menenangkan peradangan.

Sayangnya, minuman panas juga bisa menyebabkan efek plasebo kuat. Pada intinya, minuman panas tidak bisa menyingkirkan virus apapun dalam tubuh.

Dalam kasus virus corona Covid-19, air minum jenis apapun tidak ada yang menawarkan perlindungan terhadap virus. Karena, virus tidak bisa mati hanya dengan berkumur atau minum cairan tertentu.

Meskipun virus ini bisa menular melalui tetesan cairan tubuh yang keluar dari mulut dan hidung. Tetapi, virus ini cenderung menginfeksi sel-sel saluran pernapasan.

Minum air putih di pagi hari. (Shutterstock)
Minum air putih di pagi hari. (Shutterstock)
Sel-sel ini membawa enzim pada permukaan yang dibutuhkan virus untuk masuk ke dalamnya. Sehingga menghirupnya saja bisa terbawa masuk hingga paru-paru.

Ketika virus sudah masuk ke dalam tubuh, virus akan lebih cepat mereplikasi dirinya, yang artinya mampu bersembunyi. Beberapa studi awal telah menunjukkan bahwa perlu waktu 30 jam dari sel pertama yang terinfeksi hingga titik di mana virus meledak dan menginfeksi lebih banyak sel.

Saat itulah virus akan terlindungi dari suhu ektrem apapun. Jadi minum cairan panas tidak akan membunuh virus.

Setidaknya Anda butuh 56 derajat celcius atau lebih tinggi lagi untuk membunuh virus corona. Meskipun belum ada penelitian mengenai hal ini, tetapi Covid-19 mungkin memiliki sifat yang sama seperti virus corona lainnya. (sua/jpg)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : rasid alfarizi

Comment

Loading...