Tangani Wabah Corona dan Bencana Alam Lainnya, Pemkab Luwu Siapkan Rp3 Miliar

Rumah hanyut akibat banjir di Luwu. (IST)

FAJAR.CO.ID, BELOPA– Pemerintah Kabupaten Luwu menyiapkan anggaran tidak terduga daerah sebanyak Rp3 miliar tahun 2020. Dana ini digunalan membiayai bencana alam berupa jalan longsor, banjir, dan virus corona (Covid-19).

Kepala Bappeda Luwu, Muh Rudi mengatakan, dana tidak terduga akan digunakan membiayai jalan yang putus akibat longsor di Kecamatan Latimojong.

”Pembangunan jalan putus di Latimojong sangat penting untuk dapat membuka akses masyarakat terisolir, ”kata Rudi kepada Fajar.co.id.

Menurut Rudi, dana senilai Rp3 miliar sudah dialokasikan dalam APBD Luwu tahun 2020. Termasuk infrastruktur yang rusak akibat bencana banjir di Lamasi Timur. Juga membiaya penanganan penyebaran virus corona.

”Kami sementara rapat membahas penggunaan dana tidak terduga ini. Berapa digunakan membiayai longsor, banjir dan corona,” paparnya.

Camat Latimojong, Supriadi mengatakan, jalan yang longsor ini tidak dapat dilalui kendaraan. ”Badan jalannya yang hilang. Makanya butuh pembangunan badan jalan baru,”kata Supriadi.
Badan jalan yang longsor ini berada di jalan lingkar di dekat Kantor Camat Latimojong. Badan jalan yang longsor, panjangnya mencapai 40 meter.

Jalan yang rusak tersebut membuat warga di tujuh desa dengan jumlah penduduk 6.116 jiwa terisolir. Mereka susah mengakses menuju kota kecamatan dan kabupaten. (shd/fajar)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Adi Mirsan

Comment

Loading...