Vitamin D Sangat Penting untuk Sistem Pernapasan

Selasa, 7 April 2020 09:18

Olah raga rutin akan meningkatkan daya tahan tumbuh. Ditambah dengan vitamin D yang optimal dapat meningkatkan produksi ...

FAJAR.CO.ID– Mengapa harus vitamin D yang kita pastikan statusnya optimal di dalam tubuh? Ya, seperti yang telah diketahui Vitamin D merupakan salah satu vitamin yang berfungsi sangat luas, dahulu mungkin hanya diketahui berfungsi untuk menjaga kesehatan tulang namun semakin maju ilmu pengetahuan, manfaat luas vitamin D semakin banyak diketahui terutama fungsinya sebagai imunomodulator yang mampu meningkatkan kerja dari sistem imun bawaan kita.

Peranan Vitamin D ini juga sangat penting pada sistem pernapasan terutama untuk mencegah terjadinya penyakit pneumonia komunitas dapatan atau yang dikenal dengan Community-acquired pneumonia (CAP) seperti yang saat ini sedang pandemik.

Status vitamin D yang optimal dapat meningkatkan produksi protein anti mikroba dalam tubuh yang mampu memproteksi diri dari bakteri, jamur dan virus. Selain itu fungsi vitamin D mampu melindungi dari cedera fungsi paru-paru dan meningkatkan pembersihan saluran pernafasan secara alami.

Namun sayangnya, status kekurangan vitamin D ini sangat umum terjadi di dunia, bahkan di Indonesia yang terkenal dengan daerah tropis angka kekurangan vitamin D cukup tinggi yaitu lebih dari 95%. Salah satu yang mempengaruhi adalah faktor genetik, variasi genetik orang di Indonesia umumnya menyebabkan gangguan metabolisme dalam mensintesis vitamin D didalam tubuh, sehingga vitamin D dalam tubuh cenderung rendah.

Oleh karena itu, pentingnya kita memastikan kecukupan status vitamin D kita dengan memeriksakan status vitamin D yang diukur dengan pemeriksaan Vitamin-25 (OH)D Total yang merupakan bentuk umum dari vitamin D yang bersirkulasi di dalam tubuh yang dengan jelas menggambarkan kecukupan vitamin D kita. Anda dapat melakukan pemeriksaan tersebut di Prodia, laboratorium klinik terbesar dan terlengkap di Indonesia.

Komentar


VIDEO TERKINI