Zoom Dinilai Tak Aman, Diskominfo Perkenalkan Aplikasi Karya Anak Bangsa

Kepala Diskominfo Makassar, Ismail Hajiali (ikbal/fajar.co.id)

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR– Di tengah pandemi corona, masyarakat dilarang untuk melakukan aktivitas berkumpul, termasuk rapat sekalipun. Hal tersebut demi mencegah penyebaran virus corona (Covid-19).

Demi menjaga sosial distancing, masyarakat kemudian memilih beragam platform media sosial dan aplikasi tatap muka virtual. Salah satunya Zoom yang memungkinkan pengguna bisa berinteraksi tatap muka tanpa harus bertemu langsung.

Namun akhir-akhir ini, beredar kabar bahwa platform Zoom bisa menyebabkan kebocoran data dari pengguna.

Menanggapi hal tersebut, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Makassar merekomendasikan platform baru bernama UMeetMe, sebagai alternatif dari Zoom.

Kepala Diskominfo Makassar, Ismail Hajiali mengungkapkan, bahwa platform tersebut merupakan karya anak bangsa dari PT. Telkom.

“Saya sebetulnya ada aplikasi tapi belum kita perkenalkan. Kalau Zoom, itukan servernya di luar negeri. Kita punya yg namanya UMeetMe, bisa langsung diakses tanpa harus didownload terlebih dahulu” ungkapnya di Jalan Nikel Raya, Senin (6/4/2020).

Ia juga mengaku, jika penggunaan UMeetMe telah diterapkan di jajaran internal Diskominfo. Hanya saja, pihaknya masih belum bisa menerapkannya secara massal kepada publik. Sebab, masih menunggu persetujuan dari Pj Wali Kota Makassar, Iqbal Suhaeb.

“Saya sudah praktekkan di internal kominfo karena bagus secara internal dulu. Nanti kita lihat tergantung pak Wali,” ucapnya .

Menurutnya, penggunaan Zoom selama ini rupanya bisa berujung pada pembobolan data pribadi pengguna. Beda halnya dengan UMeetMe. Platform ini tidak mengharuskan pengguna untuk login terlebih dahulu. Melainkan bisa memakai akun anonim.

“Kalau ini tinggal langsung di browser, tidak pake login lagi,” tambah Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Makassar ini. (ikbal/fajar)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Adi Mirsan

Comment

Loading...