Alasan PDAM Kota Makassar Tak Gratiskan Layanan Selama Pandemi Corona

Rabu, 8 April 2020 08:55

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Merebaknya wabah corona membuat sejumlah instansi menggratiskan pelayanannya. Misalnya saja PLN yang menggratiskan pelayanannya hingga 3 bulan kedepan untuk pelanggan 450 VA.

Hanya saja, langkah seperti itu urung dilakukan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Makassar. Kabag Humas PDAM Makassar, Muh Rusli mengatakan pihaknya belum membahas diskon kepada pelanggan menengah ke bawah sampai saat ini direksi belum memberikan wacana kesana.

“Ini kan kita tidak bisa samakan dengan PDAM di Kabupaten lain. Karena PDAM Makassar itu berdiri sendiri,” ungkapnya, Selasa (7/4/2020).

Menurutnya, ada beberapa alasan PDAM kota Makassar tidak memberikan diskon kepada pelanggan.

Pertama, bahwa tarif PDAM sudah disubsidi dari dulu. “Kita punya struktur tarif itu, ada struktur sosial paling rendah 250 rupiah per 1000 liter, sebenarnya itu sudah cukup murah,” kata Rusli.

Untuk tarif khusus yang seperti dipakai Pelindo Rp10 ribu per 1000 liternya. Yang paling tinggi bisa mencapai Rp15 ribu per 1000 liter.

Alasan kedua, dengan merebaknya corona ini PDAM juga berdampak. Kenaikan dolar secara otomatis membuat bahan kimia yang dipakai ikut melonjak harganya.

“Ketiga, sebenarnya PDAM Kota Makassar, bukan PDAM yang mendapat dana dari pemerintah. Kami mengelola sendiri pendapatan, betul-betul kita sudah mandiri,” jelasnya.

Bagikan berita ini:
6
10
6
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar