Di Tengah Ketidakpastian, Calon Jemaah Haji Sulsel Tetap Lunasi BPIH

Kaswad Sartono

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Setelah WHO menetapkan Covid-19 sebagai pandemi, ada kekhawatiran masyarakat muslim Indonesia akan pembatalan ibadah haji musim haji 1441 H/2020 M.

Kekhawatiran ini diperkuat dengan belum keluarnya pernyataan resmi dari Pemerintah Kerajaan Arab Saudi maupun Pemerintah Republik Indonesia tentang jadi tidaknya pelaksanaan ibadah haji tahun ini.

Namun, ketidakpastian tersebut tampaknya tidak menyurutkan semangat Calon Jemaah Haji (CJH) Sulawesi Selatan yang telah memperoleh nomor porsi.

Kaswad Sartono, Kepala Bidang Penyelenggara Haji dan Umrah Kanwil Kemenag Sulsel mengatakan, Kabupaten Soppeng adalah urutan teratas dalam pembayaran BPIH dan Kabupaten Selayar berada pada tingkatan paling rendah.

“Kabupaten Soppeng berada pada urutan teratas yaitu 96% atau 237 orang dari jumlah kuota 248 CJH yang telah melunasi setoran BPIH-nya dan Kabupaten Selayar ada pada urutan paling terakhir karena dari kuota 113 orang, baru 22 orang yang melunasi BPIH-nya,” ucap Kaswad Sartono kepada fajar.co.id, Rabu (8/4/2020).

Diketahui, sejak jadwal pelunasan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) dibuka pada 19 Maret 2020, total pelunasan telah menyentuh angka 57%. Artinya, 4114 orang dari total kuota haji Sulsel yang berjumlah 7272 telah melunasi BPIH. (anti/fajar)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Muhammad Nursam

Comment

Loading...