DPRD Makassar Minta Pihak Berwenang Awasi Pendistribusian Bantuan

Sekretaris Komisi D DPRD Makassar, Sahruddin Said. (IST)

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR– DPRD Kota Makassar mendesak Pemerintah Kota segera turun tangan membantu masyarakat miskin dan rentan miskin. Hal ini melihat persebaran virus corona telah berimbas pada perekonomian rakyat.

Terlebih bagi mereka pekerja harian atau nonformal yang terkena dampak langsung covid-19 ini.

Sekretaris Komisi D DPRD Makassar, Sahruddin Said meminta pemkot dalam hal ini Dinas Kesehatan dan Dinas Sosial percepat penyaluran bantuan tersebut.

“Jika proses administrasi penganggaran telah selesai, saya minta pemkot segera distribusikan bantuan kepada warga yang terdampak virus corona. Segera belanjakan apa-apa yang kira dibutuhkan warga,” papar Sahruddin saat dihubungi, Rabu (8/4/2020).

Sahruddin menilai bentuk bantuannya sebaiknya berupa paket sembako agar pemanfaatannya pun jelas dan terarah.

“Saya sarankan anggaran itu dibelanjakan paket sembako kemudian disalurkan. Kalau berbentuk uang tunai, pemanfaatannya lebih riskan,” kata dia.

Politisi PAN ini juga meminta pendistribusian bantuan tersebut tepat sasaran dan transparan. Diimbau kepada kepolisian, TNI, Kejaksaan atau media mengawasi kegiatan tersebut.

“Penyalurannya harus transparan. Saya minta semua pihak berwenang termasuk pers untuk mengawal pendistribusiannya agar tidak ada penyelewengan,” tegasnya.

Diketahui, imbas covid-19 yang semakin meningkat memunculkan banyak warga miskin baru. Disnaker Kota Makassar mencatat sebanyak 4.295 karyawan terpaksa dirumahkan dari berbagai sektor usaha. Belum lagi dengam usaha kecil menengah yang kebanyakan gulung tikar akibat anjloknya omset mereka. (endra/fajar)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Adi Mirsan

Comment

Loading...