Konsumsi Jambu Biji, Raih 3 Vitamin untuk Sistem Imun Tubuh

Jambu biji. Foto: Thevapemall

FAJAR.CO.ID– Saat ini menjaga daya tahan tubuh sangat diperlukan agar tidak mudah terserang penyakit, terlebih di tengah pandemi corona. Salah satu buah yang bermanfaat dalam menjaga daya tahan tubuh adalah jambu biji.

Kandungan jambu biji yang dikonsumsi secara langsung maupun dalam bentuk jus mampu memberikan manfaat yang positif pada sistem imun.

Apa saja kandungan jambu biji dan manfaatnya terhadap sistem imun?

Jambu biji merupakan buah tropis yang umum ditemukan di Indonesia. Walaupun sering Anda konsumsi, mungkin Anda tidak mengetahui apa kandungan dan manfaat jambu biji ini.

Padahal, jambu biji ternyata memiliki kandungan yang mampu meningkatkan dan menjaga daya tahan tubuh. Kandungan yang dapat meningkatkan dan menjaga daya tahan tubuh ini dapat menjadi alasan mengapa Anda tidak gampang sakit dengan sering meminum jus jambu biji.

Ini dia kandungan jambu biji yang memberikan manfaat terbahadap daya tahan tubuh Anda.

  1. Vitamin C

Jambu biji mengandung vitamin C empat kali lebih banyak dibandingkan buah jeruk. Salah satu manfaat dari vitamin C adalah membantu meningkatkan imunitas sehingga menjaga tubuh tetap sehat dan menjaga Anda dari kuman penyebab penyakit.

Faktanya, kekurangan vitamin C dapat membuat Anda lebih gampang sakit. Anjuran asupan vitamin C harian sekitar 75-100 mg per hari. Vitamin ini tidak diproduksi oleh tubuh sehingga Anda perlu mengonsumsi makanan yang tinggi akan vitamin C seperti jambu biji. Mengonsumsi 20 gram jambu biji (mentah atau jus) dapat memenuhi kebutuhan harian vitamin C pada orang dewasa.

Meminum jus jambu biji merupakan salah satu cara mudah untuk mendapat manfaat dari vitamin C sekaligus memenuhi kebutuhan hariannya. Menurut United States Department od Agriculture, 100 gram jambu biji mengandung vitamin C sebanyak 228. 3 mg.

Vitamin B6

Vitamin B6 memiliki peran vital dalam mendukung reaksi biokimia pada sistem imun. Anda akan mendapat tambahan vitamin B6 saat mengonsumsi jambu biji.

Menurut National Institute of Health, rekomendasi harian vitamin B6 adalah sebanyak 2 mg. Vitamin ini membantu meningkatkan sistem imun dengan menambah produksi antibodi.

Vitamin B6 dalam jambu biji juga memberikan manfaat dengan cara membantu tubuh dalam menyerap vitamin B12 untuk memproduksi sel darah merah dan sel dari sistem imun.

Apabila seseorang mengalami defisiensi vitamin B6, pembentukan antibodi akan berkurang sehingga lebih rentan mengidap penyakit.

Vitamin A

Jambu biji juga mengandung vitamin A yang penting untuk menjaga kesehatan mata dan mendukung tumbuh kembang. Selain itu, vitamin A dikenal memiliki sifat antiradang karena peran pentingnya dalam menambah fungsi dan pertumbuhan dari sistem imun.

Menurut United States Department od Agriculture, 100 gram jambu biji mengandung vitamin A sebanyak 624 IU (international unit).

Manfaat jambu biji dalam mencegah berbagai penyakit

Kandungan jambu biji ternyata mampu menjaga dan meningkatkan sistem imun untuk menjaga tubuh dari penyakit. Kandungan lain dari jambu biji juga memberikan manfaat seperti:

Menurunkan risiko kanker, karena kaya antioksidan
Baik untuk penderita diabetes, karena indeks glikemik yang rendah
Menjaga kulit dari penuaan dini, karena kaya akan vitamin A dan Vitamin C
Mengatasi sembelit, karena kaya akan serat
Baik untuk ibu hamil, karena kaya akan Vitamin B9 yang membantu pembetukan sistem saraf si kecil

Selain itu, mengingat penyakit COVID-19 yang sedang mewabah dan mudah menular, asupan vitamin C dari jambu biji juga dapat berguna untuk membantu sistem imun melawan coronavirus ini.

Meski efektivitas vitamin C untuk mencegah COVID-19 masih diteliti, tidak ada salahnya untuk selalu memenuhi kebutuhan harian vitamin C sebagai salah satu langkah melindungi diri dari pandemi corona.

Jambu biji merupakan buah yang mudah ditemukan di Indonesia. Anda perlu memanfaatkan hal ini karena jambu biji memiliki segudang manfaat bagi kesehatan. (HelloSehat/jpnn/fajar)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Hamsah Umar

Comment

Loading...