Misteri Klaim Jong-un Negaranya Nol Covid-19

Rabu, 8 April 2020 10:59

Pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un, saat menyaksikan peluncuran rudal balistik. Terlihat ajudannya mengenakan masker. Kor...

FAJAR.CO.ID, PYONGYANG– Ketika hampir seluruh dunia dilanda krisis akibat wabah virus Korona jenis baru atau Covid-19, Korea Utara tetap bersikeras bahwa negaranya nol kasus. Sepertinya hampir mustahil. Pasalnya negara-negara di sekitarnya seperti Korea Selatan, Jepang, dan bahkan Tiongkok dilanda krisis Covid-19. Benarkah klaim Korea Utara tersebut?

Dilansir dari DW, Rabu (8/4), mencoba untuk mengakses informasi tentang krisis Coronavirus SARS-CoV-2 di Korea Utara, memang sulit. Fakta-fakta yang dapat dipercaya sangat minim, dan sebaliknya propaganda, dugaan, dan desas-desus yang beredar. Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un sebetulnya mulai bereaksi terhadap ancaman yang tak terlihat pada akhir Januari, jauh sebelum Eropa melakukannya.

Hanya saja, pada 13 Maret lalu, pemerintah Korea Utara mengatakan kepada Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) bahwa negara itu tidak memiliki satu pun kasus virus yang mengakibatkan penyakit Covid-19. Pada saat yang sama, negara tetangga Tiongkok melaporkan lebih dari 80 ribu orang terinfeksi, dan demikian pula Korea Selatan.

Anehnya, meski mengklaim tak ada kasus Covid-19, nadi kehidupan di Korea Utara sebagian besar terhenti. Ada larangan masuk dan keluar, lalu lintas udara dan kereta api ditangguhkan, sekolah dan universitas ditutup. Semua orang asing di negara itu ditempatkan di bawah karantina selama 30 hari. Bahkan, diplomat ikut dikarantina dan hanya diizinkan melakukan aktivitas yang sangat terbatas. Jerman kemudian menarik staf kedutaannya pada akhir Februari.

Komentar


VIDEO TERKINI