Misteri Klaim Jong-un Negaranya Nol Covid-19

Rabu, 8 April 2020 10:59

Pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un, saat menyaksikan peluncuran rudal balistik. Terlihat ajudannya mengenakan masker. Kor...

Hingga Selasa (7/4), ada hampir 1,4 juta infeksi yang dikonfirmasi di seluruh dunia, dan lebih dari 74 ribu pasien telah meninggal karena penyakit Covid-19. Tetapi tidak ada yang berubah dalam pernyataan resmi rezim Kim di Pyongyang. Nol kasus Covid-19 di Korea Utara masih dilaporkan.

Kebenaran atau Kebohongan?

Peneliti Inggris Andray Abrahamian mengatakan bahwa sangat tidak mungkin belum ada infeksi di Korea Utara. Andray mengajar di Pusat Kebijakan Keamanan di Universitas George Mason di Incheon, Korea Selatan dan telah melakukan perjalanan ke Korea Utara berulang kali selama 15 tahun terakhir.

“Situasi informasi di negara itu semakin memburuk karena Coronavirus. Perbatasan ditutup berarti ada lebih sedikit orang yang masuk dan keluar dari biasanya, jadi lebih sedikit berita yang tersedia daripada biasanya,” katanya kepada DW.

Wartawan AS Jean H. Lee, yang sering berada di Korea Utara antara 2008 dan 2017 juga setuju hal itu mustahil. Sayangnya, hanya sangat sedikit orang asing di lapangan saat ini untuk memberikan pandangan yang jelas tentang apa yang terjadi, dan beberapa yang ada di sana telah dikarantina.

“Coronavirus telah memungkinkan rezim untuk menegakkan pembatasan pergerakan bahkan lebih dari biasanya, sehingga akan sulit bagi orang asing untuk mendekati apa yang terjadi di rumah sakit,” lapor Lee.

Komentar