Misteri Klaim Jong-un Negaranya Nol Covid-19

Rabu, 8 April 2020 10:59

Pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un, saat menyaksikan peluncuran rudal balistik. Terlihat ajudannya mengenakan masker. Kor...

Dia juga yakin bahwa ada kasus Coronavirus di negara itu. “Saya merasa sulit untuk percaya, mengingat lalu lintas perlintasan perbatasan Korut yang lama adalah bersama Tiongkok,” katanya.

Perbatasan itu membentang lebih dari 1.400 kilometer (870 mil), dan tanpa kekuatan pelindungnya Tiongkok, Korea Utara sulit bertahan. Negara itu menutup perlintasan perbatasannya dengan Tiongkok menjelang akhir Januari untuk para pelancong dan lalu lintas barang. Hanya satu pos pemeriksaan yang dibuka secara resmi untuk impor barang, berdasarkan peraturan karantina yang ketat. Tetapi pada saat itu virus telah menyebar di Tiongkok selama dua bulan. Dan sepertinya tidak mungkin itu akan berhenti di perbatasan Korea Utara.

Kematian Misterius

Pada 9 Maret 2020, surat kabar Daily NK melaporkan bahwa 180 tentara Korea Utara meninggal dunia dan disebut disebabkan oleh Coronavirus baru. Menurut sumbernya, rumah sakit militer telah menyemprotkan metanol ke daerah yang terkena dampak dengan disinfektan. Dua minggu kemudian, pada tanggal 25 Maret 2020, tajuk utama lain mencatat bahwa beberapa tahanan meninggal karena penyakit pernapasan.

“Secara umum, informan kami telah melaporkan bahwa pihak berwenang telah mengklasifikasikan banyak kematian dengan gejala Covid-19 sebagai pneumonia akut,” kata Daily NK mengatakan kepada DW.

Jika kecurigaan wabah Coronavirus di Korea Utara dikonfirmasi, sistem perawatan kesehatan di sana sangat lemah. Dengan 25 juta penduduknya, akan dihadapkan dengan tugas yang tidak dapat diselesaikan tanpa bantuan dari luar.

Bagikan berita ini:
9
1
6
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar