Pemprov Tempuh Langkah Strategis

Rabu, 8 April 2020 20:38

Nurdin Abdullah

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Pemprov Sulsel memastikan telah menempuh langkah strategis dalam melakukan pencegahan penyebaran covid-19 di masyarakat.

Langkah tersebut, dipastikan senantiasa mempertimbangkan segala aspek. Tujuannya agar tidak ada lagi korban Covid-19 di Sulsel.

Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah, mengatakan, awal merebaknya pandemic di dunia maupun di Indonesia hingga masuk ke Sulsel, telah dilakukan upaya medis dengan melakukan pemeriksaan laboratorium terhadap mereka yang diduga terpapar Covid-19, serta melakukan tracking suspect dan jika ditemukan positif maka langsung dilakukan penanganan.

Sehingga, kata dia, sangat wajar dari hari ke hari terjadi peningkatan mereka ODP, PDP ataukah positif Covid-19 itu karena hasil kerja dari tracking suspect.

“Setelah ditracking jika ditemukan yang bersangkutan suspect, maka langsung dilakukan penanganan cepat agar keberadaannya tidak menulari lainnya,” ujarnya, kemarin.

Selain itu, kata Bupati Bantaeng dua periode ini, pihaknya melakukan identifikasi epicentrum penyebaran penyakit. Mulanya, untuk Makassar ditemukan di dua kecamatan Panakkukang dan Rappacini. Lalu kemudian terus menyebar dikarenakan masyarakat tidak disipln sehingga mereka tertular dan melebar.

Makanya, diminta ke Pemkot makassar harus segera mengambil langkah isolasi supaya penularan tidak menyebar ke seluruh kota makassar, karena kalau menyebar tentu harus ditegaskan untuk memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) khususnya kota makassar.

“Tapi saya ingin sampaikan kepada kita semua, kita harus lebih hati-hati memberlakukan (PSBB) di Sulawesi Selatan, karena tidak semua wilayah itu sama. Dari semua 24 kabupaten-kota, episentrum penyebaran (virus corona) kan itu hanya di Makassar, Gowa dan Maros”, katanya.

Komentar


VIDEO TERKINI