Penghuni Positif, GMTD Langsung Koordinasi dengan Tim Satgas Covid-19

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Beredarnya informasi yang ramai melalui jejaring sosial whatsapp mengenai warga Cluster Osaka di kawasan Tanjung Bunga yang diduga PDP Covid-19 membuat Manajemen GMTD merasa perlu untuk meluruskan pemberitaan tersebut. Pihak GMTD pun langsung bergerak cepat.

Associate Director A. Eka Firman Ermawan menyampaikan jika pihaknya tidak tinggal diam. “Sejak semalam (Selasa 07/04/2020) banyak berita simpang siur yang kemudian berpotensi untuk menimbulkan kekhawatiran pada warga Tanjung Bunga. Sebelumnya memang diketahui bahwa seminggu lalu pasien positif Covid-19 dari Morowali meninggal dunia. Tetapi kemudian 8 anggota keluarga berinisiatif untuk melakukan isolasi mandiri dengan persetujuan dari Tim Satgas Covid-19 dan pulang ke huniannya di cluster Osaka Tanjung Bunga,” papar Eka, Rabu (8/4/2020).

Mengantisipasi berita whatsapp yang berpotensi menimbulkan kepanikan ke warga lainnya, Township Management Development (TMD) GMTD kemudian meluruskan pemberitaan kepada warga, serta berkoordinasi dengan Tim Satgas Covid-19 dan pihak terkait lainnya untuk menangani warga Cluster Osaka tersebut.

“GMTD telah berkoordinasi ke pihak terkait, bahkan kami menyampaikan situasi ini kepada wali kota serta meneruskan permintaan warga Tanjung Bunga lainnya. Tetapi arahan beliau karena 8 orang positif covid-19 ini menunjukkan kondisi yang baik tanpa gejala berat, sehingga arahan pertama Tim Satgas Covid-19 adalah isolasi mandiri di rumah dengan pengawasan ketat oleh Tim Satgas,” lanjut Eka.

Untuk logistik bahkan disupport oleh Tim Satgas. Total anggota keluarga yang saat ini dalam pengawasan adalah 7 orang di Cluster Osaka, satu orang isolasi mandiri dengan persetujuan tim dokter satgas di rumah pribadinya.

Selain itu, tindak lanjut yang
dilaksanakan GMTD menyikapi kejadian ini adalah, akses ke cluster-cluster di kawasan Tanjung Bunga akan diperketat, khususnya Cluster Osaka. Tiap pihak yang akan masuk cluster akan kami ukur suhu tubuhnya. GMTD juga akan distribusikan masker ke warga dalam waktu dekat. Penyemprotan Disinfektan rutin kami jalankan, dan akan kami tingkatkan kembali.

“Kami terus berkoordinasi dengan Tim Satgas Covid-19, memantau perkembangan serta menghimbau warga Tanjung Bunga mendukung arahan Pemerintah agar tetapi dirumah saja. Kami berharap agar warga Tanjung Bunga tidak panik dan sekali kami tegaskan bahwa mereka ini di awasi ketat oleh Tim Satgas Covid-19, polsek dan Koramil Tamalate,” kunci Eka. (rls/fajar)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Adi Mirsan

Comment

Loading...