Retail Nonpangan Boleh Buka Setengah Hari

Suasana Pasar Terong ramai seperti biasa tetapi warga dihimbau untuk memakai masker dan menjaga jarak Selasa, 7 April--TAWAKKAL/FAJAR

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Operasional toko retail nonpangan diberi dispensasi. Dinas Perdagangan (Disdag) Kota Makassar membolehkannya tetap buka, tetapi hanya setengah hari.

Kepala Disdag Makassar, Andi Muh Yasir mengungkapkan, setelah mencermati dinamika yang terjadi, kebijakan menutup retail nonpangan dinilai perlu mendapat dispensasi. Sebab, jika ditutup secara total, akan sangat merugikan pengusaha.

“Yang nonpangan ini masih dibutuhkan juga oleh masyarakat. Pertimbangan kami, bisa buka sampai pukul 12.00 Wita dan selebihnya dapat melakukan penjualan secara online,” kata Yasir, Selasa, 7 April.

Sebelumnya, Disdag mengimbau seluruh toko-toko nonpangan untuk tidak beroperasi sementara. Sebab, toko tersebut dianggap bukan menjadi kebutuhan utama selama masa pembatasan aktivitas masyarakat.

“Jadi kalau kita dapati ada yang masih buka di atas waktu yang ditentukan, kami akan tindak tegas. Bahkan bisa sampai pada pencabutan izin,” tegasnya.

Sementara, untuk retail kategori pangan yang menjual bahan pokok diperbolehkan beroperasi hingga pukul 20.30 Wita. “Ada hari-hari tertentu bisa buka sampai pukul 23.00 seperti pada saat weekend,” imbuhnya.

Selain itu, semua toko-toko tetap diimbau untuk menerapkan physical distancing. Minimal, ada jarak antrean satu meter dari orang lain. Semua juga diminta menggunakan masker.

“Kita sudah sampaikan juga untuk kasir-kasir menggunakan masker dan sarung tangan. Diwajibkan juga menyiapkan tempat cuci tangan atau hand sanitizer,” bebernya.

Penjabat Wali Kota Makassar, Iqbal Suhaeb berharap para pengusaha bisa taat terhadap imbauan pemerintah. Ini demi memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Makassar yang terus mengalami peningkatan.

“Masyarakat yang mau keluar rumah saya harap ditunda dulu. Kecuali ada keperluan yang betul-betul mendesak. Mari kita sama-sama memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” pungkasnya. (ism/rif)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : rasid alfarizi

Comment

Loading...