Salahkan Hujan, PDAM Sinjai Dinilai Tak Layak Operasi

Rabu, 8 April 2020 10:59

ILUSTRASI

FAJAR.CO.ID, SINJAI — Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Sinjai dinilai tak layak operasi. Lantaran kualitas air disediakan tidak layak konsumsi.

Hal itu disampaikan oleh tokoh pemuda Kelurahan Lappa, Kecamatan Sinjai Utara, Ahmad Alimuddin. Dia menanggapi pernyataan yang dilontarkan Plt Direktur PDAM Sinjai, Andi Tenri Rawe. Dimana air keruh yang sampai ke pelanggan dipengaruhi oleh hujan.

“Itu tidak pantas diucapkan oleh PDAM yang tidak didasari kajian teknis. Berarti PDAM selama ini tidak mempunyai pengolaan air bersih dengan proses Saringan Pasir Lambat (SPL). Lalu melontarkan pernyataan yang menurut kami tidak sesuai dengan harapan,” jelasnya, Rabu, (8/4/2020).

Oleh karena itu dia menilai saat ini PDAM tidak layak beroperasi. Sebab kualitas air yang disediakan tidak layak dikomsumsi. Di sisi lain, masyarakat harus berperilaku hidup bersih dan sehat.

Dengan selalu mencuci tangan menggunakan sabun pada air mengalir. Namun air yang digunakan mencuci tangan sangat tidak layak apalagi untuk diminum.

Oleh karena itu, pihaknya meminta kepada dinas terkait, khususnya Dinas Kesehatan untuk membuka mata melihat ketidakadilan dan tidak membiarkan masyarakat terkena penyakit, terutama diare.

“Jangankan air yang layak, air keruh saja tidak setetes pun keluar di keran kami, sudah tiga minggu di Kelurahan Lappa, padahal kami selama ini membayar biaya beban tiap bulannya,” kuncinya. (sir/fajar)

Komentar


VIDEO TERKINI